Akhlaq Lil Banin Juz 1 Makna Gandul dan Bahasa Indonesia


 

Pengarang kitab ini, Syaikh Umar bin Achmad Baradja beliau dilahirkan di kampung Ampel Maghfur, tepatnya pada 10 Jumadil Akhir 1331 Hijriyah yang bersamaan dengan tanggal 17 Mei 1913 Masehi.

Sedari kecil, diasuh dan dididik kakeknya dari pihak ibu, Syaikh Hasan bin Muhammad Baradja, yaitu seoarang ulama ahli nahwu dan fiqih.

Secara Nasab Baradja berasal dari (dan berpusat di) Seiwun, Hadramaut, Yaman. Sebagai nama nenek moyangnya yang ke-18, Syaikh Sa’ad, julukannya adalah Abi Raja’ (yang selalu berharap). Alur nasab tersebut bertemu pada kakek Nabi Muhammad saw yang kelima, bernama Kilab bin Murrah.

Syaikh Umar bin Achmad Baradja memanfaatkan baik ilmu, serta waktu, dan umur, termasuk penggunaan harta benda kekayaannya di jalan Allah sampai akhir hayatnya.

Pengarang kitab ini meninggal pada hari Sabtu malam Ahad tanggal 16 Rabiuts Tsani 1411 Hijriyah yang bersamaan dengan tanggal masehi tepatnya 3 November 1990.

Beliu tutup usia 77 tahun di RS Islam Surabaya, menurut beberapa keterangan tepat pukul 23 lebih 10 menit.

Kitab karya Syeh Umar bin Baraja ini merupakan panduan pendidikan akhlaq atau pendidikan karakter untuk anak-anak atau generasi muda. Di dalamnya terkandung nilai religius, jujur, disiplin, mandiri, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat, peduli sosial, serta tanggung jawab.

Mulai dari kepada siapa seorang anak harus beradab, anak yang beradab, anak buruk akhlaq, tentang Allah yang Maha Tinggi, anak yang jujur, taat, tentang Nabi Muhammad dan seterusnya.

Kitab ini sangat penting dan cocok disampaikan kepada para santri sehingga dalam kurikulum FKDT Kabupaten Tegal dipelajari di MDTA Kelas 4.

Sumber : Duta Islam

Berikut ini terjemah Akhlaq Lil banin dalam Bahasa Indonesia :

 ﺑﻤﺎﺫﺍ ﻳﻨﺨﻠﻖ ﺍﻟﻮﻟﺪ؟  

ﻳﺠﺐ ﻋﻠﮯ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺃﻥ ﻳﺘﺨﻠﻖ ﺑﺎﻼﺧﻼﻕ ﺍﻟﺤﺴﻨﺔ ﻣﻦ ﺻﻐﺮﻩ، ﻟﻴﻌﻴﺶ ﻣﺤﺒﻮﺑﺎ ﻓﻲ ﻛﺒﺮﻩ: ﻳﺮﺿﮯ ﻋﻨﻪ ﺭﺑﻪ، ﻭﻳﺤﺒﻪ ﺃﻫﻠﻪ، ﻭﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ
ﻭﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻳﻀﺎ، ﺃﻥ ﻳﺒﺘﻌﺪ ﻋﻦ ﺍﻸﺧﻼﻕ ﺍﻟﻘﺒﻴﺤﺔ، ﻛﻴﻼ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ: ﻻ ﻳﺮﺿﮯ ﻋﻨﻪ ﺭﺑﻪ، ﻭﻼ ﻳﺤﺒﻪ ﺃﻫﻠﻪ، ﻭﻼ ﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ

1. Dengan Apa Seorang Anak Beradab?

Wajib atas seorang anak berakhlak dengan akhlak yang baik dari kecilnya, agar kehidupannya dicintai ketika dewasa: Tuhannya akan ridho padanya, dan keluarganya akan senantiasa mencintainya, dan seluruh manusia...

Wajib juga atas seorang anak yang beradab, Menjauhi dari akhlak yang tercela, agar tidak menjadi orang yang dibenci: Tuhannya tidak ridho padanya, dan keluarganya tidak mencintainya dan juga seluruh manusia. 

ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻸﺩﻳﺐ 

ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻸﺩﻳﺐ ﻳﺤﺘﺮﻡ ﻭﺍﻟﺪﻳﻪ ﻭﻣﻌﻠﻤﻴﻪ، ﻭﺇﺧﻮﺍﻧﻪ ﺍﻟﻜﺒﺎﺭ، ﻭﻛﻞ ﻣﻦ ﻫﻮ ﺃﻛﺒﺮ ﻣﻨﻪ، ﻭﻳﺮﺣﻢ ﺇﺧﻮﺍﻧﻪ ﺍﻟﺼﻐﺎﺭ، ﻭﻛﻞ ﻣﻦ ﻫﻮ ﺃﺻﻐﺮ ﻣﻨﻪ
ﻭﻳﺼﺪﻕ ﻓﻲ ﻛﻼﻣﻪ، ﻭﻳﺘﻮﺍﺿﻊ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻭﻳﺼﺒﺮ ﻋﻠﮯ ﺍﻸﺫﻯ، ﻭﻼ ﻳﻘﺎﻃﻊ ﺍﻸﻭﻼﺩ، ﻭﻼ ﻳﺘﺨﺎﺻﻢ ﻣﻌﻬﻢ، ﻭﻼ ﻳﺮﻓﻊ ﺻﻮﺗﻪ ﺇﺫﺍ ﺗﻜﻠﻢ ﺃﻭ ﺿﺤﻚ

2. Anak Yang Santun dan Beradab

Seorang anak yang beradab ia memuliakan kedua orang tuanya dan para pengajarnya, dan para saudaranya yang lebih besar, dan semua orang yang lebih besar darinya, dan menyayangi saudaranya yang lebih kecil, dan semua orang yang lebih kecil darinya.

Dan seorang anak yang beradab selalu jujur dalam setiap perkataannya, dan bertawadhu' (rendah hati) sesama manusia, dan bersabar atas gangguan dan tidak memutuskan hubungan dengan anak-anak (tetangga), tidak pula berkelahi bersama mereka, dan tidak meninggikan suara apabila sedang berbicara atau tertawa.

 ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻟﻮﻗﺢ

١. ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻟﻮﻗﺢ : ﻻ ﻳﺘﺄﺩﺏ ﻣﻊ ﻭﺍﻟﺪﻳﻪ و ﺃﺳﺎﺗﺬﺗﻪ، ﻭﻼ ﻳﺤﺘﺮﻡ ﻣﻦ ﻫﻮ ﺃﻛﺒﺮ ﻣﻨﻪ، ﻭﻼ ﻳﺮﺣﻢ ﻣﻦ ﻫﻮ ﺃﺻﻐﺮ ﻣﻨﻪ، ﻭﻳﻜﺬﺏ ﺇﺫﺍ ﺗﻜﻠﻢ ﻭﻳﺮﻓﻊ ﺻﻮﺗﻪ ﺇﺫﺍ ﺿﺤﻚ، ﻭﻳﺤﺐ ﺍﻟﺸﺘﻢ، ﻭﺍﻟﻜﻼﻡ ﺍﻟﻘﺒﻴﺢ، ﻭﺍﻟﻤﺨﺎﺻﻤﺔ ﻭ ﻳﺴﺘﻬﺰﺉ ﺑﻐﻴﺮﻩ، ﻭﻳﺘﻜﺒﺮ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻼ ﻳﺴﺘﺤﮯ ﺃﻥ ﻳﻌﻤﻞ ﻗﺒﻴﺤﺎ، ﻭﻼ ﻳﺴﻤﻊ ﺍﻟﻨﺼﻴﺤﺔ

3. Anak Yang Buruk Akhlak

Seorang anak yang jelek: ia tidak beradab kepada kedua orang tuanya dan para ustadz²nya, ia tidak menghormati orang yang lebih tua darinya, ia tidak menyayangi orang yang lebih muda darinya, ia selalu berbohong apabila berkata-kata, dan mengangkat suaranya apabila tertawa, dan ia suka memaki, dan berkata yang tercela, dan bertengkar serta memperolok-olok orang lain, dan ia menyombongkan diri, dan ia tidak malu kalau berbuat yang tercela, dan ia tidak suka mendengar nasihat

 ﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﻳﺘﺄﺩﺏ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻣﻦ ﺻﻐﺮﻩ

ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻟﺪ ﺻﻐﻴﺮ، ﻟﻜﻨﻪ ﺃﺩﻳﺐ، ﻭﻟﻬﺬﺍ ﻳﺤﺒﻪ ﺃﺑﻮﻩ، ﻭﻫﻮ ﺃﻳﻀﺎ ﻳﺤﺐ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ﻋﻦ ﻛﻞ ﺷﺊ ﻻ ﻳﻔﻬﻤﻪ.
ﻭﺫﺍﺕ ﻳﻮﻡ ﺗﻨﺰﻩ ﻣﻊ ﺃﺑﻴﻪ ﻓﻲ ﺑﺴﺘﺎﻥ ﻓﺮﺁﻯ ﺷﺠﺮﺓ ﻭﺭﺩ ﺟﻤﻴﻠﺔ، ﻭﻟﻜﻨﻬﺎ ﻣﻌﻮﺟﺔ ، ﻓﻘﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ "ﻣﺎ ﺃﺟﻤﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺸﺠﺮﺓ! ﻭﻟﻜﻦ ﻟﻤﺎﺫﺍ ﻳﺎ ﺃﺑﻲ ﻫﻲ ﻣﻌﻮﺟﺔ؟" ﻓﻘﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ "ﺍﻸﺣﺴﻦ ﺃﻥ ﻧﻘﻮﻳﻤﻬﺎ ﺍﻶﻥ" ﻓﻘﺎﻝ ﺍلأﺏ "ﻷﻥ ﺍﻟﺒﺴﺘﺎﻧﻲ ﻟﻢ ﻳﻌﺘﻦ ﺑﺘﻘﻮﻳﻤﻬﺎ، ﻣﻦ ﺻﻐﺮﻩ، ﻓﺼﺎﺭﺕ ﻣﻌﻮﺟﺔ" ﻓﻀﺤﻚ ﺃﺑﻮﻩ ﻭﻗﺎﻝ ﻟﻪ: "ﻻ ﻳﺘﺄﺗﻰ ﺫﻟﻚ ﻳﺎ ﻭﻟﺪﻱ، ﻷﻧﻬﺎ ﻗﺪ ﻛﺒﺮﺕ، ﻭﻏﻠﻈﺖ ﺳﺎﻗﻬﺎ"ﻓﻜﺬﻟﻚ ﺍﻟﻮﻟﺪ، ﺍﻟﺬﻱ ﻟﻢ ﻳﺘﺄﺩﺏ ﻣﻦ ﺻﻐﺮﻩ، ﻻ ﻳﻤﻜﻦ ﺗﺄﺩﻳﺒﻪ ﻓﻲ ﻛﺒﺮﻩ

4. Seorang Anak Wajib Beradab Sejak Dari Kecilnya

Ahmad seorang anak kecil, akan tetapi ia beradab, oleh karna itu ayahnya mencintainya, dan ia juga suka bertanya dari segala sesuatu yang ia tidak mengerti.

Pada suatu hari ia berjalan² bersama ayahnya ke kebun, maka ia melihat pohon bunga yang indah, akan tetapi pohon itu bengkok. Maka Ahmad bertanya:
"Betapa indahnya pohon ini! Akan tetapi mengapa ia bengkok wahai ayah?" Sang Ayah menjawab: "Karena Tukang Kebun tidak memperhatikan serta tidak meluruskannya semenjak dari kecilnya, maka jadilah ia bengkok" "Lebih baik, kita meluruskannya saja sekarang", ujar Ahmadز Maka tertawa sang Ayah, dan berkata: "Tidak Mudah yang demikian itu wahai Anakku, karena ia sudah tumbuh besar, dan ranting²nya pun tebal.

Beginilah seorang anak yang tidak beradab dari kecilnya, tidak mungkin ia beradab pada waktu ia telah besar

★الله ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﮯ★
ﻳﻬﺎ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ؛ ﷲ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﮯ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﺧﻠﻘﻚ، ﻭﺣﺴﻦ ﺻﻮﺭﻧﻚ؛ ﺑﺄﻥ ﺃﻋﻄﺎﻙ ﻋﻴﻨﻴﻦ، ﺗﻨﻈﺮ ﺑﻬﻤﺎ ﺍﻸﺷﻴﺎﺀ، ﻭﺃﺫﻧﻴﻦ ﺗﺴﻤﻊ ﺑﻬﻤﺎ ﺍﻸﺻﻮﺍﺕ، ﻭﻟﺴﺎﻧﺎ ﺗﺘﻜﻠﻢ ﺑﻪ، ﻭﻳﺪﻳﻦ ﺗﺴﺘﻌﻤﻠﻬﻤﺎ ﻓﻲ ﺃﺷﻐﺎﻟﻚ، ﻭﺭﺟﻠﻴﻦ ﺗﻤﺸﮯ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ، ﻭﻋﻘﻼ ﺗﻌﺮﻑ ﺑﻪ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺮ، ﻭﺃﻧﻌﻢ ﻋﻠﻴﻚ ﺑﺎﻟﺼﺤﺔ ﻭﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ، ﻭﻭﺿﻊ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ ﻓﻲ ﻗﻠﻮﺏ ﻭﺍﻟﺪﻳﻚ ﺣﺘﮯ ﺭﺑﻴﺎﻙ ﺗﺮﺑﻴﺔ ﺣﺴﻨﺔ

ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻴﻚ ﺃﻥ ﺗﻌﻈﻢ ﺭﺑﻚ ﻭﺗﺤﺒﻪ، ﻭﺗﺸﻜﺮﻩ ﻋﻠﮯ ﺟﻤﻴﻊ ﻧﻌﻤﻪ: ﺑﺄﻥ ﺗﻤﺘﺜﻞ ﺃﻭﺍﻣﺮﻩ، ﻭﺗﺠـﺘـﻨـﺐ ﻧﻮﺍﻫﻴﻪ، ﻭﺃﻥ ﺗﻌﻈﻢ ﺃﻳﻀﺎ ﺟﻤﻴﻊ ﻣﻶﺋﻜﺘﻪ، ﻭﺭﺳﻠﻪ، ﻭﺃﻧـﺒـﻴـﺎﺋﻪ، ﻭﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﻩ، ﻭﺗﺤﺒﻬﻢ ﻷﻧﻪ ﺗﻌﺎﻟﮯ ﻳﺤﺒﻬﻢ

. ﺇﺫﺍ ﺃﺣﺒﺒـﺖ ﺭﺑﻚ: ﻭﺍﻣـﺘـﺜـﻠـﺖ ﺃﻭﺍﻣﺮﻩ، ﻭﺍﺟـﺘـﻨـﺒـﺖ ﻧﻮﺍﻫﻴﻪ، ﺯﺍﺩﻙ ﻣﻦ ﻧﻌﻤﻪ، ﻭﺟﻌﻠﻚ ﻣﺤﺒﻮﺑﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻭﺣﻔﻈﻚ ﻣﻦ ﻛﻞ أﺫﻯ، ﻭﺃﻋﻄﺎﻙ ﻛﻞ ﻣﺎ ﺗﺮﻳﺪ؛ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺯﻕ ﻭﻏﻴﺮﻩ.

5. Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi

Wahai anak yang mulia :

Allah yang Maha Suci lagi Maha Tinggi Dia yang menciptakanmu, dan membaguskan rupamu, dengan memberi kedua mata kepadamu dengannya kamu bisa melihat segala sesuatu, dan kedua telinga, dengannya kamu bisa mendengar suara, dan lisan yang dengannya kamu mampu berbicara, dan kedua tangan yang dengannya kamu mampu memakai untuk aktifitasmu, dan kedua kaki yang dengannya kamu bisa berjalan, dan akal yang dengannya kamu mengetahui yang baik dari yang buruk, dan Dia memberi nikmat atasmu berupa kesehatan yang sehat, serta meletakkan rasa sayang di hati kedua orangtuamu sehingga mereka mendidikmu dengan pendidikan yang baik.

Maka wajib atasmu untuk mengagungkan serta mencintai Tuhanmu, dan engkau mensyukuri atas segala nikmat-nikmat-Nya : dengan kamu mematuhi segala perintah-perintah-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya, dan juga kamu mengagungkan seluruh para Malaikat-malaikat-Nya, Rasul-rasul-Nya, Nabi-Nabi-Nya dan seluruh orang-orang shaleh dari semua hamba-hamba-Nya, dan kamu cintai mereka karena sesungguhnya Allah yang Maha Tinggi mencintai mereka

Apabila kamu telah mencintai Tuhanmu, dan mematuhi segala perintah-perintah-Nya serta menjauhi semua larangan-larangan-Nya, Dia akan menambah nikmat-nikmat-Nya kepadamu, dan menjadikanmu orang yang dicintai diantara manusia, serta menjagamu dari segala gangguan, dan memberi mu segala apa-apa yang kamu mau:dari pada rezeki atau yang lainnya.

ﺍﻟﻮﻟﺪ الأﻣﻴﻦ ★

ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻟﺪ ﺃﻣﻴﻦ، ﻳﺨﺎﻑ ﷲ، ﻭﻳﻤـﺘـﺜـﻞ ﺃﻣﺮﻩ، ﻭﺫﺍﺕ ﻳﻮﻡ ﻗﺎﻟﺖ ﺃﺧـﺘـﻪ ﺳﻌﺎﺩ: "ﻳﺎ ﺃﺧﻲ، ﺇﻥ ﺃﺑﺎﻧﺎ ﻗﺪ ﺧﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻴﺖ، ﻓﻬﻠﻢ ﺑﻨﺎ ﻧﻔﺘﺢ ﺧﺰﺍﻧﺔ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻟﻨﺄﻛﻞ ﻣﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺄﻛﻮﻼﺕ ﺍﻟﻠﺬﻳﺬﺓ ﻓﺄﺑﻮﻧﺎ ﻻ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻴﻨﺎ"

ﻓﺄﺟﺎﺑﻬﺎ ﻣﺤﻤﺪ: "ﺣﻘﻴﻘﺔ ﻳﺎ ﺃﺧﺘﻲ، ﺇﻥ ﺃﺑﺎﻧﺎ ﻻ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻴﻨﺎ، ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻣﺎ ﺗﻌﻠﻤﻴﻦ: ﺃﻥ ﷲ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻴﻨﺎ."
ﻓﺎﺣﺬﺭﻯ ﻣﺜﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﻘﺒﻴﺢ، ﻷﻧﻚ ﻟﻮ ﺃﺧﺬت ﺷﻴﺌﺎ ﺑﻐﻴﺮ ﺭﺿﺎ ﺃﻳﻴﻚ، ﻓﺈﻥ ﷲ ﻳﻐﻀﺐ ﻋﻠﻴﻚ، ﻭﺳﻮﻑ ﻳﻌﺎﻗﺒﻚ
ﻓﺨﺎﻓﺖ ﺳﻌﺎﺩ، ﻭﺍﺳﺘﺤﺖ ﻣﻦ ﺳﻮﺀ ﻧـﻴـﺘـﻬﺎ، ﻭﻗﺎﻟﺖ: "ﺻﺤﻴﺢ ﻛﻼﻣﻚ ﻳﺎ ﺃﺧﻲ ﻭﺃﺷﻜﺮﻙ ﻛﺜﻴﺮﺍ، ﻋﻠﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻨﺼﻴﺤﺔ ﺍﻟﻄﻴﻴﺔ"

6. Anak Yang Jujur

Muhammad seorang anak yang jujur, ia takut kepada Allah, dan ia mematuhi segala perintah-Nya. Pada suatu hari berkata kakak perempuannya yaitu Su'aadah:

"Wahai saudaraku, sesungguhnya Ayah kita telah keluar dari rumah, maka marilah kita buka lemari makanan untuk kita makan apa-apa yang ada di dalamnya dari pada makanan yang lezat, karena Ayah tidak akan melihat kita"

Maka Muhammad menjawab, "Benar sekali wahai saudaraku, sesungguhnya Ayah kita tidak melihat kita, akan tetapi apakah engkau mengetahuinya bahwa sesungguhnya Allah lah yang melihat kita"

"Maka hati-hatilah semisal perbuatan tercela ini, karena sesungguhnya kalau engkau mengambil sesuatu dengan tanpa ridho Ayahmu, maka sesungguhnya Allah murka terhadapmu, dan Dia kelak akan memberi hukuman kepadamu.."

Maka takutlah Su'adah, dan malu atas keburukan niatnya, dan ia berkata,

"Benar kata-katamu wahai saudaraku, dan aku bersyukur sekali atas nasihat yang baik ini" ujar Su'adah

 ★ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻟﻤﻄﻴﻊ ★

ﺣﺴﻨﻮﻟﺪ ﻣﻄﻴﻊ: ﻳﺼﻠﮯ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ، ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﺨﻤﺲ ﻓﻲ ﺃﻭﻗﺎﺗﻬﺎ، ﻭﻳﻮﺍﻇﺐ ﻋﻠﮯ ﺍﻟﺤﻀﻮﺭ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺪﺭﺳﺔ ﻭﻋﻠﮯ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻭﻣﻄﺎﻟﻌﺔ ﺍﻟﺪﺭﻭﺱ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻴﺖ، ﻭﻟﺬﻟﻚ ﻳﺤﺒﻪ ﺃﺑﻮﻩ ﻭﺃﻣﻪ ﻭﺃﺳﺎﺗﺬﺗﻪ ﻭﺟﻴﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ

ﻭﻣﻦ ﻋﺎﺩﺗﻪ ﺍﺫﺍ ﺃﺭﺍﺩ ﺍﻟﻨﻮﻡ: ﺃﻥ ﻳﺬﻛﺮ ﷲ، ﻭﻳﺸﻜﺮﻩ ﻋﻠﮯ ﺃﻥ ﺣﻔﻈﻪ ﻃﻮﻝ ﻳﻮﻣﻪ، ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻼﺀ ﻭﺍﻸﺫﻯ، ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻝ
"ﺑﺎﺳﻤﻚ ﺍﻟﻠـﻬﻢ ﺃﺣﻴﺎ ﻭﺃﻣﻮﺕ" ﻭﺇﺫﺍ ﻗﺎﻡ ﻣﻦ ﻧﻮﻣﻪ، ﻳﺸﻜﺮ ﷲ ﻋﻠﮯ ﻧﻌﻤﺔ ﺍﻟﻨﻮﻡ، ﻭﻳﻘﻮﻝ: "ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠـﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﺣﻴﺎﻧﺎ ﺑﻌﺪ ﻣﺎ ﺃﻣﺎﺗﻨﺎ ﻭﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻨﺸﻮﺭ"

ﻭﻣﻦ ﻋﺎﺩﺗﻪ ﺃﻳﻀﺎ ﺇﺫﺍ ﺃﻛﻞ: ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﺃﻭﻼ: "ﺑﺴﻢ ﷲ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ" ﻭﺇﺫﺍ ﻓﺮﻍ ﻣﻨﻪ، ﻳﺸﻜﺮ ﷲ ﻋﻠﮯ ﻧﻌﻤﺔ ﺍﻸﻛﻞ، ﻷﻧﻪ ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻥ ﷲ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﻭﺟﺪ ﻟﻪ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ، ﻭﻳﻘﻮﻝ "ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠـﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﻃﻌﻤﻨﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻭﺭﺯﻗﻨﻴﻪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺣﻮﻝ ﻣﻨﻲ ﻭﻼ ﻗﻮﺓ"

ﻣﺎ ﺃﺳﻌﺪ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻟﻤﻄﻴﻊ: ﻳﺮﺿﮯ ﻋﻨﻪ ﺭﺑﻪ، ﻭﺳﻮﻑ ﻳﺪﺧﻠﻪ ﺍﻟﺠﻨﺔ

7. Anak Yang Ta'at

Hasan adalah seorang anak yang taat, ia shalat setiap hari, shalat lima waktu, dan ia selalu lazim hadir di madrasah untuk membaca Al-Qur'an, dan mengulang-ulang pelajarannya di rumah, dengan begitu ia disukai ayah dan ibundanya, dan para guru-gurunya dan seluruh manusia...

Dan dari kebiasaannya apabila ingin tidur : dan hendaknya ia mengingat Allah, serta bersyukur atas penjagaan-Nya sepanjang hari dari segala bencana dan gangguan, kemudian ia berdo'a "dengan Nama Allah saya hidup dan dengan nama-Nya saya mati"...

Dan apabila ia telah bangun dari tidurnya, ia bersyukur kepada Allah atas nikmat tidur, dan bedo'a : "Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah matinya kami dan kepada-Nya lah kami kembali" ...

Dan dari kebiasaannya juga apabila makan : maka ia berkata "Bismillah" terlebih dahulu, dan apabila ia selesai dari makannya, ia bersyukur atas nikmat makan, karna sesungguhnya ia mengetahui bahwa Allah yang memberikan makanan kepadanya, dan berdo'a "Alhamdulillahi ladzi Ath'amany hadzath tho'aman wa rozaqonihi min ghoiri haulin minni wa laa quwwah"...

Betapa bahagianya anak yang taat ini : Tuhannya akan ridho padanya dan kelak akan dimasukannya ke dalam syurga.

 ﻧﺒﻴﻚ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﮯ ﷲ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ

ﺃﻳﻬﺎ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻸﺩﻳﺐ، ﻛﻤﺎ ﻳﺤﺐ ﻋﻠﻴﻚ ﺃﻥ ﺗﻌﻈﻢ ﺭﺑﻚ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﮯ ﻳﺤﺐ ﻋﻠﻴﻚ ﺃﻳﻀﺎ، ﺃﻥ ﺗﻌﻈﻢ ﻧﺒﻴﻚ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﮯ ﷲ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﺗﻤﻸ ﻗﻠﺒﻚ ﺑﻤﺤﺒﺘﻪ ﺣﺘﮯ ﺗﺤﺒﻪ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻣﺤﺒﺘﻚ ﻟﻮﺍﻟﺪﻳﻚ ﻭﻟﻨﻔﺴﻚ، ﻷﻧﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﻋﻠﻤﻨﺎ ﺩﻳﻦ ﺍﻼﺳﻼﻡ ﻭﺑﺴﺒﺒﻪ ﻋﺮﻓﻨﺎ ﺭﺑﻨﺎ، ﻭﻓﺮﻗﻨﺎ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺤﻼﻝ ﻭﺍﻟﺤﺮﺍﻡ، ﻭﻸﻥ ﷲ ﺗﻌﺎﻟﮯ ﺃﺣﺒﻪ، ﻓﺠﻌﻠﻪ ﺃﻓﻀﻞ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻭﺻﻴﺮﻩ ﻗﺪﻭﺓ ﻟﻨﺎ ﻓﻲ ﺍﻸﺧﻼﻕ ﻭﺍﻶﺩﺍﺏ
ﺇﺫﺍ ﺃﺣﺒﺒﺖ ﻧﺒﻴﻚ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﮯ ﷲ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻓﺎﺗﺒﻌﻪ ﻓﻲ ﺳﻴﺮﺗﻪ، ﻭﺍﻋﻤﻞ ﺑﻨﺼﺎﺋﻪ، ﻟﺘﻨﺎﻝ ﻣﺤﺒﺔ ﷲ ﻭﺭﺿﺎﻩ

8. Nabimu Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Aalihi wa Sallam

Wahai anak yang beradab: sebagaimana wajib atasmu untuk mengagungkan Tuhanmu yang Maha Suci lagi Maha Tinggi, wajib juga atasmu untuk mengagungkan Nabimu Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Aalihi wa Sallam, dan memenuhi hatimu dengan mencintainya sehingga rasa mencintainya lebih banyak/besar dari rasa cintamu terhadap kedua orangtuamu dan terhadap dirimu sendiri. Karena sesungguhnya beliau yang mengajarkan kita akan agama Islam, dan dengan sebabnya kita mengetahui Tuhan kita, dan kita mampu membedakan antara yang halal dan yang haram. Karena sesungguhnya Allah Ta'ala mencintainya (Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Aalihi wa Sallam), maka Dia (Allah) Menjadikannya (Nabi Muhammad) sepaling unggul/utamanya manusia, serta menjadikannya contoh/panutan bagi kita didalam akhlak-akhlak dan adab-adabnya

Apabila engkau telah mencintai Nabimu, maka ikutilah didalam perjalanannya, dan beramal dengan nashihat-nasihatnya agar engkau mendapat cinta dan ridho-Nya Allah.

★ﺁﺩﺍﺏ ﺍﻟﻤﻨﺰل ★

ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﻟﺬ ﺃﻥ ﻳﺮﺍﻋﻰ ﺍﻸﺩﻱ ﻓﻲ ﻣﻨﺰﻟﻪ، ﺑﺄﻥ ﻳﺤﺘﺮﻡ ﻭﺍﻟﺪﻳﻪ، ﻭﺍﺧﻮﺍﻧﻪ و ﺍﺧﻮﺍﺗﻪ و ﻛﺐ ﻣﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﺰﻝ، ﺭﻼ ﺳﻌﻤﻞ ﺷﻴﺌﺎ ﻳﻐﻀﺐ ﺍﺣﺪﺍ ﻣﻨﻬﻢ، ﻭﻼ ﻳﻌﺎﻧﺪ ﺃﺧﺎﻩ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ، ﻭﻼ ﻳﺨﺎﺻﻢ ﺃﺧﺎﻩ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ، ﻭﻼ ﻳﺆﺫﻯ ﺍﻟﺨﺎﺩﻡ، و ﺇﺫﺍ ﻟﻌﺐ ﻟﻌﺐ ﺑﻨﻈﺎﻡ، ﺑﻐﻴﺮ ﺻﻴﺎﺡ ﻭﻼ ﺣﺮﻛﺔ ﻻ ﺗﻠﻴﻖ ﺑﻪ، ﻻ ﺳﻴﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺃﺣﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻧﺎﺋﻤﺎ ﺃﻭ ﻣﺮﻳﻀﺎ.

و ﺃﻥ ﻳﺨﺎﻓﻆ ﻋﻠﻰ ﺃﺩﻭﺍﺕ ﺍﻟﻤﻨﺰﻝ: ﻓﻼ ﻳﻜﺴﺮ ﺍﻸﻭﺍﻧﻰ، ﻭﻼ ﻳﻐﻴﺮ ﺍﻸﺑﻮﺍﺏ، ﻭﻼ ﻳﻔﺴﺪ ﺍﻸﺷﺠﺎﺭ، و ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻋﻨﺪﻩ ﻫﺮ ﺍﻭ ﺩﺟﺎﺝ، ﻳﻘﺪﻡ ﻟﻪ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻭﺍﻟﺸﺮﺍﺏ ﻭﻼ ﻳﺆﺫﻳﻪ

9. Akhlak Di Rumah

Wajib atas seorang anak untuk memperhatikan adab di dalam rumahnya, dengan menghormati kedua orangtuanya, dan saudara-saudara laki-lakinya ataupun kepada saudari perempuannya, dan semua orang di dalam rumahnya, dan tidak melakukan sesuatu yang membuat salah satu dari mereka menjadi marah, dan tidak membantah saudaranya yang lebih besar serta memusuhi saudaranya yang lebih kecil darinya, dan tidak menyakiti para pembantu, dan apabila bermain maka bermainlah dengan disiplin, dengan tanpa berteriak-teriak dan tidak bergerak (berlaga) yang tidak sesuai, terutama apabila ada seseorang di rumah yang sedang tidur atau sedang sakit.

Dan memelihara terhadap alat-alat rumah, maka tidaklah memainkan alat-alat dapur, dan tidak mendobrak pintu, merusak pepohonan, dan apabila ada padanya kucing atau ayam, maka hendaknya ia memberi kepadanya makan-makanan dan minum-minuman dan jangan menyakitinya..

 ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠـﻪ ﻓﻲ ﻣﻨﺰﻟﻪ

ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠـﻪ ﻓﻲ ﻣﻨﺰﻟﻪ ﻣﺜﺎﻝ ﺍﻼﺩﺏ ﻭﺍﻟﻨﻈﺎﻡ؛ ﻳﻐﺘﺴﻞ ﻛﻞ ﺻﺒﺎﺡ و ﻣﺴﺎﺀ، و ﻳﻌﺘﻨﻲ ﺑﻨﻈﺎﻓﺔ ﻣﻼﺑﺴﻪ و ﻛﺘﺒﻪ، ﻭﻳﻀﻌﻬﺎ ﻣﺮﺗﺒﺔ ﻓﻲ ﻣﺤﻞ ﺧﺎﺹ، ﻭﻼ ﻳﺘﻤﺨﻂ ﻓﻲ ﺛﻮﺑﻪ ﺍﻭ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺪﺍﺭ ﻭﻟﻜﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﺪﻳﻞ ﻭﻼ ﻳﺒﺼﻖ ﻋﻠﮯ ﺍﻟﻘﺎﻋﺔ، ﻭﻼ ﻳﻮﺳﺦ ﺍﻼﺑﻮﺍﺏ، ﻭﻼ ﻳﻜﺘﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺪﺭﺍﻥ، ﺍﻭ ﻳﺘﺴﻠﻖ ﺍﻼﺷﺠﺎﺭ ﻭﻼ ﻳﻠﻌﺐ ﺑﺮﻣﻲ ﺍﻼﺣﺠﺎﺭ ﻛﻴﻼ ﻳﻜﺴﺮ ﺯﺟﺎﺝ ﺍﻟﻨﻮﺍﻓﺬ ﺍﻭ ﻳﺆﺫﻱ ﻏﻴﺮﻩ

و ﻛﺎﻥ ﻋﺒﺪ ﷲ ﻳﺼﺎﻓﺢ ﻭﺍﻟﺪﻳﻪ و ﺍﺧﻮﺍﻧﻪ ﻭﺍﺧﻮﺍﺗﻪ ﻛﻞ ﺻﺒﺎﺡ و ﻣﺴﺎﺀ، ﻭﻼ ﻳﺪﺧﻞ ﻏﺮﻓﺔ ﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﺳﺘﺌﺬﺍﻥ، ﻭﻼ ﻳﺤﺐ ﺍﻥ ﻳﺠﻠﺲ ﻣﻊ ﺍﻼﺧﺪﺍﻡ ﻭﻼ ﻳﺨﺒﺮ ﺍﺣﺪﺍ ﺑﻤﺎ ﻳﻘﻊ ﻓﻲ ﻣﻨﺰﻟﻪ

و ﻣﻦ ﻋﺎﺩﺗﻪ ﺍﻥ ﻳﻨﺎﻡ ﻣﺒﻜﺮﺍ و ﻳﻘﻮﻡ ﻣﺒﻜﺮﺍ، ﻭ ﺃﻥ ﻳﺤﺎﻓﻆ ﻋﻠﮯ ﺻﻠﻮﺍﺗﻪ ﻭﻳﻄﺎﻟﻊ ﺩﺭﻭﺳﻪ ﻭﻼ ﻳﻠﻌﺐ ﺍﻼ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻠﻌﺐ، ﻭﺃﻥ ﻳﺴﻤﻊ ﻧﺼﺎﺋﺢ ﺍﺑﻴﻪ و ﺍﻣﻪ

ﻭﺑﺬﻟﻚ ﻳﻨﺎﻝ ﻋﺒﺪ ﷲ ﺭﺿﮯ ﻭﺍﻟﺪﻳﻪ ﻭﺍﻫﻠﻪ ﻭﻳﻌﻴﺶ ﻣﻌﻬﻢ ﺳﻌﻴﺪﺍ ﻣﺴﺮﻭﺭﺍ

 10. Abdullah Di Rumahnya

Abdullah di dalam rumahnya semisal anak yang beradab serta rajin:
ia selalu mandi setiap pagi dan sore hari, dan dia selalu bersungguh-sungguh untuk membersihkan pakaian-pakaiannya juga kitab-kitabnya (buku-bukunya) dan meletakannya dengan rapi di tempat yang khusus, dan mengelap (sisa makanan di mulut) ke pakaian atau ke dinding, akan tetapi ia menggunakan sapu tangan,dan tidak meludah ke lantai, tidak juga mengotori pintu dan menulis-nulis di dinding, tidak pula memanjat-manjat di pohon dan tidak melempar-lempar batu agar tidak memecahkan kaca jendela atau merusak yang lainnya

Adanya Abdullah itu senantiasa mencium tangan kedua orangtuanya dan saudara-saudaranya yang laki-laki maupun saudaranya yang perempuan setiap pagi dan petang, dan ia tidak suka masuk kamar orang lain tanpa seizin yang mempunyai kamar, dan Abdullah tidak suka pula duduk bersama para pembantu, dan tidak suka pula menceritakan apa-apa yang terjadi di rumahnya...

Dan daripada kebiasannya Abdullah, ia senantiasa tidur lebih awal dan bangun lebih awal pula, dan dia senantiasa menjaga shalat-shalatnya (pada waktunya), dan mengulang-ngulang pelajarannya, dan dia tidak suka bermain kecuali pada waktu bermain, dan ia senantiasa mendengar nasihat-nasihat Ayah dan Ibundanya...

Oleh karena itu Abdullah mendapatkan ridho kedua orangtua dan keluarganya, dan dia hidup bersama mereka dengan bahagia dan riang gembira

★ﺍﻣﻚ ﺍﻟﺮﺣﻴﻤﺔ★

ﺍﻋﻠﻢ ﻳﺎ ﺑﻨﻲ: ﺃﻥ ﺍﻣﻚ ﺗﻌﺒﺖ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻣﻦ ﺍﺟﻠﻚ؛ ﺣﻤﻠﺘﻚ ﻓﻲ ﺑﻄﻨﻬﺎ ﺗﺴﻌﺔ ﺃﺷﻬﺮ، ﺛﻢ ﺍﺭﺿﻌﺘﻚ و ﺭﺑﺘﻚ ﺗﺮﺑﻴﺔ ﺣﺴﻨﺔ ﺍﻟﮯ ﺍﻥ ﻛﺒﺮﺕ، و ﻧﻈﻔﺖ ﺟﺴﻤﻚ ﻭﺛﻴﺎﺑﻚ و ﻫﻴﺄﺕ ﻓﺮﺍﺷﻚ و ﻃﻌﺎﻣﻚ، و ﺣﺮﺳﺘﻚ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺍﺫﻯ

.ﺍﻣﻚ ﺭﺣﻴﻤﺔ ﺑﻚ، و ﺗﺤﺒﻚ ﻛﺜﻴﺮﺍ، ﻭﺗﺘﻤﻨﮯ ﺍﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﺍﺣﺴﻦ ﺍﻼﻭﻼﺩ، ﻭﻫﻲ ﻣﻊ ﺗﻌﺒﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﺟﻠﻚ ﺻﺎﺑﺮة ﻋﻠﻴﻚ، ﻣﺴﺮﻭﺭﺓ ﺑﻚ ﺗﻔﺮﺡ ﺟﺪﺍ ﺍﺫﺍ ﻓﺮﺣﺖ ﻭﺭﺃﺗﻚ ﺑﺼﺤﺔ و ﻋﺎﻓﻴﺔ، ﻭﺗﺤﺰﻥ ﺍﺫﺍ ﺣﺰﻧﺖ ﺍﻭ ﻛﻨﺖ ﻣﺮﻳﻀﺎ، ﻓﺘﺠﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﺍﺣﻀﺎﺭ ﺍﻟﺪﻭﺍﺀ، ﻭﺗﺪﻋﻮ ﻟﻚ ﺑﺎﻟﺸﻔﺎﺀ، ﻭﻼ ﺗﺴﺘﺮﻳﺢ ﺍﻼ ﺍﺫﺍ ﺗﻌﺎﻓﻴﺖ ﺗﻤﺎﻣﺎ

ﺍﻧﻈﺮ ﺍﻟﮯ ﺃﺧﻴﻚ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ، ﻛﻴﻒ ﺗﺘﻌﺐ ﺃﻣﻚ ﻓﻲ ﺗﺮﺑﻴﺘﻪ،؟ و ﻛﻴﻒ ﺗﺤﺒﻪ ﻣﺤﺒﺔ ﺷﺪﻳﺪﺓ؟ ﻟﺘﻌﺮﻑ ﺣﺎﻟﺘﻚ ﻓﻲ ﺻﻐﺮﻙ

11. Ibumu Yang Penyayang

Ingatlah wahai Anakku, sesungguhnya Ibumu sangat capek sekali oleh kamu, ia mengandungmu selama sembilan bulan di perutnya, kemudian menyusui kamu, dan mendidik kamu dengan pendidikan yang baik hingga kamu besar, dan ia senantiasa membersihkan badan dan pakaianmu, dan menyiapkan tempat tidur dan makananmu serta menjaga kamu dari setiap gangguan...

Ibumu begitu sayang kepadamu, dan ia sangat mencintaimu, dan ia begitu berharap agar engkau menjadi sebaik-baiknya anak, dan ia bersama kepayahannya karena kamu ia bersabar terhadapmu, ia bahagia denganmu, dan ia sangat senang apabila kamu senang dan sehat sertai baik, ia senantiasa melihatmu, ia akan sedih jika kamu merasa sedih, atau kamu sakit, maka ia dengan segera mengantarkan atau membawamu obat, serta ia senantiasa mendo'akanmu dengan kesembuhan, dan ia tidak akan berisitirahat kecuali apabila kamu telah sembuh secara sempurna

Lihatlah kepada adikmu yang masih kecil, bagaimanakah Ibumu capek dalam mendidiknya, dan bagaimanakah ia mencintainya dengan cinta yang amat sangat, agar kamu tahu keadaanmu dahulu waktu masih kecil...

★ﺁﺩﺍﺏ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻣﻊ ﺍﻣﻪ★

ﺃﻳﻬﺎ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻸﺩﻳﺐ! ﺇﺫﺍ ﻋﺮﻓﺖ ﺗﻌــﺐ ﺍﻣـﻚ ﻓﻲ ﺗﺮﺑﻴﺘﻚ، و ﻋﻈﻢ ﻣﺤﺒﺘﻬﺎ ﻟﻜـ، ﻓﺒﻤﺎﺫﺍ ﺗـﺠـﺰﻳـﻬﺎ؟ ﻃﺒﻌﺎ ﺍﻧﻚ ﻻ ﺗﻘﺪﺭ ﺍﻥ ﺗﺠﺰﻱ ﺍﻣﻚ، ﻭﻣﺎ ﻋﻠﻴﻚ ﺍﻼ ﺍﻥ ﺗﻌﻤﻞ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻶﺩﺍﺏ

ﺃﻥ ﺗﻤﺘﺜﻞ ﺍﻭﺍﻣﺮﻫﺎ، ﻣﻊ ﺍﻟﻤﺤﺒﺔ و ﺍﻼﺣﺘﺮﺍﻡ، و ﺗﻌﻤﻞ ﻛﻞ ﺷﺊ ﻳﻔﺮﺡ ﻗﻠﺒﻬﺎ، و ﺗﺒﺘﺴﻢ ﺍﻣﺎﻣﻬﺎ ﺩﺍﺋﻤﺎ، و ﺗﺼﺎﻓﺤﻬﺎ ﻛﻞ ﻳﻮم، و ﺗﺪﻋﻮ ﻟﻬﺎ ﺑﻄﻮﻝ ﺍﻟﻌﻤﺮ، ﻓﻲ ﺻﺤﺔ و ﻋﺎﻓﻴﺔ

٣، و ﺃﻥ ﺗﺤﺬﺭ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺷﺊ ﻳﺆﺫﻱ ﻗﻠﺒﻬﺎ، ﻓﻼ ﺗﻌﺒﺲ ﺑﻮﺟﻬﻚ، ﺍﺫﺍ ﺍﻣﺮﺗﻚ ﺑﺸﺊ، ﺍﻭ ﻏﻀﺒﺖ ﻋﻠﻴﻚ، و ﻻ ﺗﻜﺬﺏ ﻋﻠﻴﻬﺎ، ﺍﻭ ﺗﺸﺘﻤﻬﺎ ﺍﻭ ﺗﺘﻜﻠﻢ ﺍﻣﺎﻣﻬﺎ ﺑﻜﻼﻡ ﻗﺒﻴﺢ، ﺍﻭ ﺗﻨﻈﺮ ﺍﻟﻴﻬﺎ ﺑﻌﻴﻦ ﺣﺎﺩﺓ، ﻭﻼ ﺗﺮﻓﻊ ﺻﻮﺗﻚ ﻓﻮﻕ ﺻﻮﺗﻬﺎ، و ﺍﺫﺍ ﻃﻠﺒﺖ ﻣﻦ ﺍﻣﻚ ﺷﻴﺌﺎ، ﻓﻼ ﺗﻄﻠﺒﻪ ﺍﻣﺎﻡ ﺍﻟﻀﻴﻒ، ﻭﺍﺫﺍ ﻣﻨﻌﺘﻚ ﻓﺎﺳﻜﺖ، و ﻻ ﺗﻐﻀﺐ ﺍﻭ ﺍﺗﺒﻚ، ﺍﻭ ﺗﻬﻤﻬﻢ ﻋﻠﻴﻬﺎ

 12. Adab Seorang Anak Kepada Ibundanya

Wahai Anak yang beradab! Apabila kamu telah mengetahui capeknya Ibumu didalam mendidikmu, serta kebesaran cintanya kepadamu, maka dengan apa kamu membalasnya?

Tentu kamu tidak akan mampu untuk membalas Ibumu, dan hendaklah kamu melakukan kecuali dengan adab ini:

Hendaknya kamu melakukan dan melaksanakan segala perintah-perintahnya, bersamaan rasa suka dan rasa hormat, dan kamu melakukan setiap sesuatu yang akan membuat hatinya senang, dan selalu tersenyum dihadapannya, dan selalu mencium tangannya setiap hari, serta mendo'akannya panjang umur serta diberikan kesehatan lahir dan batin

Dan hendaklah kamu berhati-hatilah dari sesuatu yang menyakiti hatinya, maka jangan kamu bermuka masam apabila ia menyuruhmu, atau ketika ia marah kepadamu, dan jangan kamu berbohong kepadanya, atau mencacinya, atau bertutur kata di hadapannya dengan kata-kata yang buruk, atau kamu melihat kepadanya dengan melotot, dan jangan kamu mengangkat suara kamu di atas suaranya, dan apabila kamu meminta sesuatu kepada Ibumu, maka jangan kamu meminta kepadanya di hadapan tamu, dan apabila ia mencegahmu maka diamlah, dan jangan marah atau menangis atau merengek-rengek kepadanya...

ﺻﺎﻟﺢ ﻣﻊ ﺍﻣﻪ

ﺻﺎﻟﺢ ﻭﻟﺪ ﺑﺎﺭ ﺑﺄﻣﻪ، ﻭﺫﺍﺕ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﻣﺮﺿﺖ ﺍﻣﻪ، ﻓﺤﺰﻥ ﻛﺜﻴﺮﺍ، ﻭﺍﺳﺘﺄﺫﻥ ﻣﻦ ﺍﺳﺎﺗﺬﺗﻪ؛ ﺃﻥ ﻳﺠﻠﺲ ﻋﻨﺪﻫﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻟﻴﺨﺪﻣﻬﺎ، ﻷﻧﻬﺎ ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻫﺎ ﺧﺎﺩﻣﺔ

ﻜﺎﻥ ﺻﺎﻟﺢ ﺗﺎﺭﺓ ﻳﺸﺘﺮﻯ ﻟﻬﺎ ﺩﻭﺍﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻴﺪﻟﻴﺔ و ﺗﺎﺭﺓ ﻳﺸﺘﺮﻯ ﻟﻬﺎ ﻃﻌﺎﻣﺎ و ﻓﻮﺍﻛﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻮﻕ، و ﻳﻘﺪﻡ ﺍﻟﻴﻬﺎ ﻛﻞ ﻣﺎ ﺗﺤﺘﺎﺝ ﺍﻟﻴﻪ ﻣﻦ ﻃﻌﺎﻡ ﺍﻭ ﺩﻭﺍﺀ، ﻭﻳﺴﻠﻰ ﻗﻠﺒﻬﺎ ﻣﻦ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺠﻤﻴﻞ

و ﺑﻌﺪ ﺍﻳﺎﻡ، ﺷﻔﻴﺖ ﻣﻦ ﻣﺮﺿﻬﺎ، ﻓﻔﺮﺡ ﺻﺎﻟﺢ ﻓﺮﺣﺎ ﺷﺪﻳﺪﺍ، و ﻻ ﻳﺰﺍﻝ ﻳﺪﻋﻮ ﷲ ﺃﻥ ﻳﺤﻔﻆ ﺍﻣﻪ و ﻳﺪﻳﻢ ﺻﺤﺘﻬﺎ

 13. Sholeh Bersama Ibundanya

Sholeh adalah anak yang berbakti kepada Ibundanya, dan pada suatu hati Ibundanya sakit, maka Sholeh begitu bersedih, dan ia meminta izin kepada gurunya untuk menemani di sisi Ibundanya untuk membantunya, karena Ibundanya tidak ada pembantu di sisinya

Adanya Sholeh, terkadang ia membeli obat untuk Ibunya di apotik, dan kadang-kadang ia membeli makanan dan buah-buahan di pasar , dan ia senantiasa mendahulukan setiap sesuatu/kebutuhan Ibunya daripada makanan ataupun obat-obatan, dan ia selalu menghibur hati Ibunya dengan berbicara yang baik-baik..

Dan setelah beberapa hari, Ibunya sembuh dari sakit, maka Sholeh amat sangat senang dan riang bahagia, dan dia senantiasa berdo'a kepada Allah untuk menjaga Ibundanya, serta melanggengkan kesehatannya

14. Kasih Sayang Ayah ( اَبُوْكَ الشَّفِيْقُ )

1. Ketahuilah wahai Anak yang mulia , bahwa Ayahmu juga mencintaimu sebagaimana Ibumu mencintaimu, setiap hari dia keluar rumah dengan sabar kepayahan dan kepanasan berangkat ke pasar buka toko atau lapak untuk mendapatkan uang agar dapat membiayaimu membelikanmu pakaian dan makanan dan segala kebutuhanmu, semua itu dilakukannya dengan suka cita.

2. Ayahmu juga yang menjaga kesehatanmu dan menjagamu dari hal-hal yang dapat menyakitimu, disaat engkau sakit dialah yang paling susah mencarikanmu dokter untuk mengobatimu,membelikanmu obat, dia tidak akan merasa senang sebelum kamu benar-benar sehat. Ayahmu jugalah yang senantiasa mendo'akan kesehatan dan keselamatanmu.

3. Ayahmu juga yang senantiasa berpikir untuk pendidikanmu mencarikan sekolah untukmu, membelikan buku-buku pelajaran dan alat tulisnya agar kelak kamu menjadi orang yang sempurna berilmu pengetahuan, berbudi luhur serta bermanfaat untukmu dan juga masyarakatmu.

15. Adab Anak Dengan Ayahnya (اَدَابُ الْوَلَـدِ مَعَ اَبِيْـهِ )

1. Wahai Anak yang tercinta, sudah seharusnya kamu bertata-karma kepada Ayahmu sebagaimana kepada Ibumu, mematuhi perintahnya serta menjauhi larangannya senantiasa mendengarkan nasehat nasehatnya karena ia tidak memerintahkanmu kecuali untuk hal-hal yang manfaat, dan tidak melarangmu kecuali pada hal-hal yang membahayakanmu .

2. Seharusnya juga kamu memohon ridhanya , dengan cara menjaga buku-buku pelajaranmu, merawat pakaianmu dan segala alat-alat pelajaranmu dan menatanya dengan rapi di tempatnya, jangan sekali kali di sia-siakan semua itu, belajarlah yang tekun dan sungguh-sungguh serta amalkan di setiap waktu. jangan memaksa Ayahmu untuk membeli sesuatu yang tidak sanggup dibelinya, dan jangan sekali kali menyakiti (bertengkar) dengan teman atau saudara saudaramu 

3. Jika orangtua telah meridhaimu maka Tuhanmu akan meridhaimu juga, dan niscaya kelak kamu akan bahagia di dunia dan akhirat .

16. Cinta Kasih Seorang Ayah ( رَحْمَةُ الاَبِ )

Ada sebuah cerita seorang anak yang keras kepala berkali-kali Ayahnya melarang agar tidak mengganggu hewan dan tidak naik pohon, akan tetapi anak itu tidak mau mendengar ucapan Ayahnya. Suatu ketika anak itu memukul seekor kucing kemudian kucing itu menggigit kakinya sampai kakinya luka berdarah sampai anak itu merasa sangat sakit, sampai ia tidak bisa tidur, tidak enak makan karena saking sakitnya, akhirnya Ayahnya memanggilkan dokter untuknya hingga Ayahnya mengeluarkan banyak biaya untuk membayar dokternya dan membeli obatnya, akan tetapi Ayahnya tidak memperdulikan dengan semua itu karena kepingin anaknya segera sembuh .
Setelah ia sembuh anak itu berhenti dari kebiasaan buruknya, dan berjanji kepada Ayahnya akan mengerjakan nasehat-nasehat Ayahnya, dan tidak membangkang Ayahnya sampai ia selamat dari celaka, dan hidup enak selamanya .

17. Sopan Santun Seseorang Bersama Saudaranya (اَدَابُ الْـوَلَدِ مَعَ اِخْوَتِـهِ)

1. Saudara kandungmu baik laki atau perempuan adalah orang yang terdekat denganmu setelah kedua orangtuamu, bila hendak membuat Ayah dan Ibu senang maka kepada saudara-saudara juga harus sopan dan santun, diantaranya dengan cara menghormati kakak-kakakmu dan mencintai mereka dengan setulus hati dan mengikuti nasehat-nasehatnya, dan juga menyayangi adik-adikmu dan mencintainya setulus hati, jangan sekali kali menyakitinya dan menghinanya, jangan bertengkar dengannya, jangan pula mengambil mainan adik adikmu karena hal itu menyebabkan orangtuamu marah.

2. Jangan suka berebut masuk kamar mandi, berebut mainan, duduk di kursi atau yang lainnya. Bersabarlah dan harus ada yang mengalah salah satunya. Perilaku ini adalah salah satu cara untuk membuat orangtua senang dan mendapatkan ridhanya.

3. Maafkanlah kesalahan saudaramu jika mereka berbuat salah, jelaskan kesalahannya dengan cara halus agar tidak mengulangi lagi kesalahannya, jangan sering bercanda karena bisa menyebabkan berselisih dan pertengkaran .

18. Dua Saudara Yang Saling Mencintai (اَلْاَخَوَاَنِ الْمُتَحَابَّانِ)

Ali dan Ahmad adalah dua saudara yang saling mencintai : mereka berangkat sekolah dan pulang selalu bersama, mereka saling tolong menolong melaksanakan kewajibannya, belajar bersama di sekolah dan di rumahnya, bermain bersama di waktu bermain.

Pada suatu hari, Ali membeli dua buku Akhlak lil Banin dia bertanya pada Ayahnya: Ayah mana Ahmad? Saya mau memberi hadiah buku ini padanya. Ayahnya sangat senang sekali dan memberitahukan bahwa Ahmad ada di kamarnya sedang belajar. 

Maka segeralah Ali ke kamarnya Ahmad, ternyata Ahmad sedang belajar, Ali mengucapkan salam dan menyerahkan bukunya dengan senang hati, Ahmad pun menerima hadiah dari Ali dengan penuh rasa syukur. Kemudian Ahmad memberikan kotak pensil kepada Ali sambil berkata, ini hadiah untukmu saudaraku, Ali senang sekali menerima dan tidak lupa mengucapkan terimakasih.

Ketika gurunya mendengar kisah mereka berdua, gurunya merasa sangat senang dan memuji mereka berdua di hadapan murid-murid yang lain dan berkata, “Lihatlah anak-anak, Ali dan Ahmad, mereka sangat beruntung sekali, jadilah kalian seperti mereka agar hidup senantiasa bahagia.

19. Adab Seorang Anak Bersama Kerabatnya (اَدَابُ الْوَلَدِ مَعَ أَقَارِبِه)

1. Anak yang baik senantiasa menghormati kerabatnya, semisal kakek neneknya, paman dan bibinya sangat ia cintai, karena mereka juga menyayanginya dan menyayangi orangtuanya.

2. Senantiasa ridha kepada kerabatnya, dengan arti kata mengikuti perintahnya, menyambanginya sewaktu waktu terlebih di hari raya, ketika salah satunya sakit atau ada yang melahirkan atau baru datang dari bepergian. Ikut senang dikala mereka bersenang senang dan turut prihatin ketika mereka sedih. Tidak boleh berprilaku jelek kepada salah satu dari mereka, karena hal itu bisa menyebabkan murka Allah, murka orangtua dan kerabat yang lain.

3. Anak yang baik juga senantiasa menyayangi anak-anak kerabatnya, bermain bersama, menanyakan keadaannya, tidak lalai disaat senang kecuali ketika bersama mereka. Dan seyogyanya ikut membantu kerabatnya ketika mereka membutuhkanmu, jangan sekali-kali bertikai dan memutuskan silaturahmi, tidak boleh menampakkan wajah yang tidak ramah kepada kerabat bahkan harus tersenyum dan gembira ketika bertemu dengan mereka dan berbicara dengan baik.

4. Anak yang senantiasa baik pada kerabatnya akan hidup senang dan Allah akan melancarkan rejekinya serta memanjangkan umurnya.

20. Mustafa Bersama Kerabatnya, Yahya (مُصْطَفَى وَ قَرِيْبُهَ يَحْيَى)

Mustafa adalah anak orang kaya yang sangat baik, dia tidak sombong pada sesama, dia suka membantu terutama pada kerabat-kerabatnya.

Suatu ketika dia melihat Yahya, kerabatnya memakai pakaian yang sudah robek, segeralah dia pulang ke rumahnya dan mengambil baju yang baru kemudian diberikan kepada Yahya dia berkata : Ambillah pakaian ini saudaraku sebagai hadiah dariku, Yahya menerima baju itu dengan berlinang air karena senang sekali dan tidak lupa mengucapkan terimakasih atas kebaikan Mustafa.

Saat orangtuanya tahu cerita ini, Ayahnya senang sekali karena Mustafa telah membantu kerabatnya dan memuji kebaikan akhlaknya Mustafa.

21. Adab Seorang Anak Terhadap Pembantunya (اَدَابُ الْوَلَدِ مَعَ خَادِمِهِ)

 1. Pembantu adalah orang yang membantu di rumahmu merapikan alat alat rumahtangga, mengepel teras dan meyapu halaman rumah, Ayahmu juga menyuruhnya mengerjakan kebutuhan-kebutuhan rumahtangga, dia yang memasak, mencuci pakaian dan membantu kesibukan Ibumu, dia juga yang pergi ke pasar untuk belanja.

2. Maka kamu harus memperlakukannya dengan akhlak yang baik, jika kamu menyuruhnya maka gunakanlah ucapan yang baik jangan menyakitinya, jangan bersikap sombong padanya, jika dia keliru maka janganlah membentaknya, ingatkanlah kesalahannya dengan cara yang baik pula dan dimaafkan, jika yang salah adalah dirimu maka katakana dengan jujur, jangan kesalahan itu ditimpakan pada pembantu.

3. Bila kamu memanggilnya dan dia tidak segera dating janganlah kamu memarahinya, barangkali dia tidak mendengar suaramu, begitu juga ketika kamu menyuruhnya kemudian dia teledor/ lambat, jangan kesusu memarahinya mungkin dia sedang sibuk dengan pekerjaan yang lain, jangan sekali-kali memukulnya, mencacinya, meludahinya, karena hal itu hanya dikerjakan oleh anak yang buruk budi pekertinya yang tidak disukai orang.

4. Tidak boleh terlalu sering duduk bersama pelayan, jangan terlalu sering berbicara kecuali ada perlunya, jangan bercanda dengannya agar tidak berani-berani atau mendengar ucapan yang tidak pantas darinya .

22. Anak Yang Suka Menyakiti ( اَلْوَلَدُ الْمُؤْذِي)

Ada seorang anak orang kaya yang buruk perangainya dia suka menyombongkan dirinya, suka menyakiti orang lain terlebih lebih pada pembantunya. 

Berkali-kali orang tuanya menasehatinya tapi tidak pernah didengarnya. Suatu ketika Ayahnya berkata padanya, “Dengarlah anakku, jika kamu tidak suka disakiti orang, janganlah suka menyakiti orang lain, itu adalah perilaku yang buruk, menunjukkan kejelekan pendidikanmu, janganlah kamu suka menghina pembantu, sombong padanya, mereka juga manusia seperti kita, mereka juga mempunyai perasaan seperti kita.

Saat mendengar nasehat Ayahnya seperti itu, nasehat itu membekas di hatinya, diapun berhenti dari kebiasaan buruknya dan memperbaiki perilakunya dan senantiasa baik kepada pembantunya dan tidak menyakiti mereka lagi.

23. Adab Seseorang Dengan Tetangga (اَدَابُ الْوَلَدْ مَعَ جِيْرَنِهِ)

 1. Ayah dan Ibumu sangat menghormati tetangganya dan memintamu untuk juga menghormatinya, karena tetanggalah yang membantu orangtuamu saat mereka perlu, Ibumu terkadang meminjam alat-alat rumah kepada tetangga, dengan senang hati mereka meminjamkan, jika salah satu dari keluargamu ada yang sakit, mereka akan datang untuk menjenguknya dan mendo'akan kesembuhannya.

2. Maka berbuat baiklah kepada tetangga, senangkan hati mereka dengan cara memperlakukan dengan baik anak-anaknya, tersenyumlah di hadapnnya, bermainlah dengan baik, hindari pertengkaran dengannya, jangan mengambil mainannya tanpa seidzinnya, jangan bersikap sombong dengan memamerkan baju baru atau uang. Jika Ibumu memberikanmu makanan atau buah-buahan jangan dimakan sendiri jika anak-anak tetangga juga melihatnya.

3. Jangan sekali-kali mengganggu tetanggamu dengan berteriak-teriak saat mereka tidur, jangan melempar rumahnya atau sengaja mengotori tembok dan halaman rumahnya, jangan suka mengintip mereka dari celah-celah tembik atau pintunya .

24. Hamid Dan Tetangganya (حَامِدْ وَجِيْرَنِه)

Hamid adalah anak yang baik hati, baik budi pekertinya kepada keluarga juga tetangganya, dia tidak suka menyakiti atau bertengkar atau mencaci anak-anak mereka dia juga tidak pernah memutuskan silaturahmi dengan tetangganya.

Dia satu sekolah dengan anak tetangganya, mereka berangkat bersama ketika pergi ke sekolah, begitu juga pulangnya. Mereka juga bermain bersama saling membantu satu sama lain atas keperluannya, jika tidak bertemu sehari saja dia akan menanyakannya, saat salah satunya sakit, tak lupa untuk menjenguknya kerumahnya.

Begitulah kehidupan Hamid dengan tetangganya, mereka hidup senang damai dengan akhlak yang baik dan hati baik pula.

25. Sebelum Berangkat Sekolah

Bagi setiap anak sekolah atau siswa, wajib baginya menjaga ketertiban dan kebersihan, di antaranya adalah :

1. Bangun pagi setiap hari.

2. Mandi menggunakan sabun.

3. Berwudhu kemudian shalat berjama'ah.

4. Setelah shalat, bersalaman dengan kedua orangtua.

5. Memakai seragam sekolah yang bersih dan rapi.

6. Melihat pelajaran yang sudah dipelajari sebelum tidur tadi malam.

7. Setelah sarapan, merapikan perangkat sekolah di tas.

8. Izin kepada orangtua untuk berangkat sekolah.

26. Akhlaq Berjalan Di Tempat Umum

Diantara akhlaq ketika berjalan adalah :

1. Seyogyanya berjalan lurus ke depan.

2. Tidak tengak-tengok kanan kiri.

3. Tidak bergerak yang aneh-aneh.

4. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat dalam berjalan.

5. Tidak sambil makan, menyanyi atau membaca buku.

6. Tidak merusak dan mengotori jalan.

7. Tidak berdesak-desakan, supaya bertabrakan dengan sengaja, agar menjatuhkan alat tulis teman (berbuat gaduh).

8. Tidak berhenti di tengah jalan.

9. Tidak memperhentikan teman, agar tidak telat masuk kelas.

10. Jika berjalan bersama teman-teman, jangan berguarau atau bercanda.

11. Tidak mengeraskan suara ketika berbicara atau tertawa.

12. Tidak mengejek teman, karena hal itu perbuatan yang buruk, tidak sepatutnya seorang murid yang terdidik seperti itu.

13. Tidak lupa mengucapkan salam jika bertemu orang di jalan, terutama jika bertemu orangtua atau guru.

27. Akhlaq Siswa Di Kelas

Diantara akhlaq di dalam kelas yaitu :

1. Ketika sampai di kelas, mengusap sepatu dengan serbet, kemudian masuk kelas.

2. Membuka pintu dengan halus, jika tertutup.

3. Masuk kelas dengan penuh kesopanan.

4. Memberi salam kepada teman-teman.

5. Menyalami mereka sambil tersenyum.

6. Meletakkan tas di laci meja.

7. Ketika guru datang, berdiri di tempat, menghadap guru dengan penuh kesopanan.

8. Menyalami guru.

9. Apabila bel sudah berbunyi, maka berbaris dengan rapi.

10. Tidak berbicara dan bermain.

11. Masuk kembali ke kelas setelah mendapat isyarat dari guru, dengan penuh ketenangan.

12. Menuju tempat duduk dan duduk dengan baik, lurus dan tidak menundukan pungung dan tidak menggerakan kaki.

13. Tidak berdesakan dengan teman sebangku.

14. Tidak meletakkan kaki di atas kaki yang lain.

15. Tidak menyimpan tangan atau meletakkannya di pipi.

16. Tidak mengabaikan pelajaran.

17. Tidak tolah-toleh, akan tetapi menghadap guru.

18. Tidak berbicara dengan teman atau tertawa, karena hal itu bisa mencegah pemahaman terhadap pelajaran, dan mengganggu teman juga. Sehinga menjadikan guru marah. Dan jika kamu tidak memahami pelajaran, maka pasti kamu akan gugur di ujian nanti.

28. Bagaimana Siswa Menjaga Perangkat Sekolahnya?

 Seorang siswa harus menjaga dan merawat alat-alat tulis dan belajarnya. Di cara untuk melakukan itu adalah :

1. Meletakkan semua alat-alat tulis dan belajar pada tempatnya. Supaya tidak berubah, hilang, kotor, karena jika tidak dirapikan, harus berusaha keras mencarinya ketika dibutuhkan, dan hal itu akan mnghilangkan waktu yang lain hanya untuk mencarinya.

2. Memasang sampul pengaman pada buku pelajaran dan buku tulis, sehingga tidak sobek dan kotor.

3. Tidak menggunakan air liur yang ditempel di jari ketika ingin membuka atau membalik halaman buku pelajaran dan buku tulis. Karena itu adalah kebiasaan yang buruk, tidak beradab dan membahayakan kesehatan.

4. Menjaga pensilnya, sehingga tidak patah atau pecah. ketika memperuncing ujung pensil, janganlah dengan cara menggosoknya di meja, lantai atau di sampul buku, akan tetapi mengunakan catter atau alat serut pencil.

5. Tidak memasukan bolpoint ke mulut.

6. Tidak menghapus tulisan dengan ludah akan tetapi dengan penghapus.

7. Tidak membersihkan tinta yang tumpah dengan baju, akan tetapi dengan kain lap atau sapu tangan.

29. Bagaimana Pelajar Menjaga Inventaris Sekolah?

Sebagimana wajib bagi setiap pelajar menjaga perabotannya sendiri, seorang pelajar juga harus menjaga inventaris milik sekolah. Caranya adalah :

1. Tidak merusak atau mengotori bangku, meja dan kursi.

2. Tidak mencorat-coret tembok dan pintu.

3. Tidak mengotori lantai, baik dengan meludah, atau membuang ingus di lantai, atau membuang kotoran bekas pencil, atau menyobek kertas di atas lantai. Akan tetapi buanglah semua itu di tempat sampah.

4. Tidak memainkan bel.

5. Tidak mencorat-coret papan tulis.

6. Tidak menyembunyikan penghapus.

 30. Akhlaq Pelajar Kepada Guru

Wahai siswa-siswi yang berakhlaq. Sesungguhnya gurumu susah payah dalam mendidikmu. Dia mendidik akhlaqmu, mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat, menasehati dengan nasehat yang berfaedah, semua itu dilakukan karena mereka sayang kepadamu, sebagaimana Ayah dan Ibu sayang kepadamu. Mereka semua berharap di masa yang akan datang, kamu menjadi orang yang berilmu dan berpedidikan.
Oleh karena itu, hormatilah guru-gurumu seperti hormatmu kepada orangtua. Di antara cara hormat kepada guru adalah :

1. Duduk di depannya dengan penuh sopan santun.

2. Berbicara dengan sopan.

3. Ketika beliau berbicara, jangan memotong pembicaraannya, tetapi tunggulah sampai selesai bicara.

4. Dengarkan dan perhatikanlah apa yang disampaikan dalam materi pelajaran.

5. Jika kamu tidak paham, bertanyalah dengan sopan dan halus. Dengan mengangkat tangan terlebih dahulu, sampai diizinkan untuk bertanya.

6. Jika ditanya, maka berdirilah dan jawab pertanyaannya dengan baik.

7. Jangan menjawab pertanyaan yang diajukan kepada orang lain, karena itu tidak beradab.

Jika kamu ingin disayang oleh gurumu, maka penuhilah kewajiban-kewajibanmu sebagai muridnya, diantaranya :

1. Selalu hadir tepat waktu setiap hari.

2. Tidak pernah absen (tidak hadir) atau datang terlambat, kecuali jika ada udzur.

3. Cepat datang ke kelas ketika waktu istirahat sudah habis.

4. Tidak terlambat jika dipanggil dengan alasan-alasan yang tidak masuk akal.

5. Berusaha memahami setiap pelajaran.

6. Selalu menghafal dengan mempelajari pelajaran.

7. Rajin membersihkan buku dan alat-alat belajar.

8. Tawadhu’ terhadap perintah-perintah guru.

9. Tidak takut untuk dihukum dalam kebenaran.

10. Tidak marah ketika dididik. karena apa yang diajarkan itu tidak terkecuali untuk melaksanakan kewajiban-kewajibanmu, dan kamu akan bersyukur atas semua itu ketika besar nanti.

Gurumu sangat sayang kepadamu, oleh karena itu ia mendidikmu. Mereka berharap semua yang diajarkan bermanfaat dan berguna terhadapmu. Karenanya, berterimakasihlah kepada mereka atas keikhlasannya dalam mendidik dan mengajar, dan jangan pernah lupakan semua kebaikannya.
Adapun pelajar yang buruk akhlaqnya, maka dia akan marah ketika dididik dan diajari, dan akan mengadu kepada orangtua.

31. Akhlaq Pelajar Kepada Temannya

Wahai pelajar yang pandai, kamu belajar bersama teman-temanmu di sekolah, seperti kamu hidup bersama saudara-saudaramu di rumah. Oleh karena itu, sayangilah mereka seperti kamu menyayangi saudaramu, hormatilah teman yang lebih tua, dan kasihi teman yang lebih muda darimu. Dan jangan lupa saling membantu ketika belajar bersama, dalam memperhatikan keterangan guru, dalam menjaga peraturan, dan bermainlah bersama di waktu istirahat, bukan di waktu belajar di dalam kelas, jauhilah saling menyakiti, bertengkar dan mengganggu, dan bermain yang tidak pantas.

Jika kamu ingin disayang oleh teman-temanmu, maka janganlah pelit terhadap mereka, ketika ada teman yang meminjam sesuatu, karena pelit itu adalah perbuatan yang sangat tercela. Dan janganlah sombong kepada mereka, jika kamu memang pintar, rajin, atau kaya, karena sombong bukanlah sifat anak yang baik. Akan tetapi jika kamu melihat siswa lain yang pemalas, nasihatilah dia agar bersungguh-sungguh an meinggalkan sifat malasnya. Atau kamu melihat siswa yang bodoh, maka bantulah dalam memahami pelajaran. Atau kamu melihat teman yang fakir, maka sayangilah dan bantulah sekuat kemampuanmu.

Janganlah menyakiti teman-temanmu, semisal dengan mengtori tempat belajarnya, menyembunyikan peralatannya, mengotori pipinya, melototinya, atau su’udhan. Dan janganlah menyakitinya dengan mengagetkan dari belakang, meniup telinganya, atau bersiul ditelinganya. Jika kamu meminjam sesuatu dari temanmu, janganlah memainkanya, mengotorinya dan merusakkannya, dan kembalikanlah serta berterimakasihlah atas kebaikannya.

Ketika berbicara dengan teman, bicaralah dengan halus dan senyum, jangan mengeraskan suara dan jangan memasang wajah cemberut. Hindarilah marah, hasud, bicara kotor, bohong, adu domba terhdap teman-temanmu. Dan janganlah mengingkari ucapanmu jika kamu termasuk orang yang jujur.

32. Nasehat Umum (1)

Wahai anak yang pintar, ketika kamu meminta sesuatu dari temanmu, janganlah berkata : Cepat bawa sini! lakukanlah seperti ini, contohnya. Akan tetapi gunakanlah sopan santun dan katakanlah : Permisi! maaf tolong lakukanlah ini! contohnya. Kemudian jangan lupa untuk berterimakasih atas bantuannya, seraya berkata : Terimakasih.. atau Saya berterimakasih sama kamu.. atau Semoga Allah membalas kebaikan kepadamu.

Ketika ada yang berbicara padamu, usahakan kamu memperhatikannya, dan jangan putus pembicaraannya tetapi tunggulah sampai dia selesai bicara. Dan jika kamu mendengar ucapan atau cerita yang sudah pernah kamu dengar, janganlah kamu berkata kepadanya : Saya sudah mendengar cerita ini, supaya hatinya tidak kecewa.

Jagalah kebersihan gigimu, dengan cara membersihkannya menggunakan siwak atau sikat gigi setiap hari, agar selalu bersih dan terjaga. Janganlah menghisap jari di mulut, memotong kuku dengan menggigitnya, memasukkan jari di hidung (mengupil), atau ke dalam telingamu, apalagi melakukan semua itu di depan umum.


Di antara kebiasaan buruk adalah :

1. Membuka rahasia orang lain.

2. Membaca surat orang lain yang diihat.

3. Melihat orang yang membaca surat, dan kamu berkata padanya : Surat dari siapa itu? Apa isinya?

4. Mendengarkan pembicaraan orang lain, tanpa izin.

 33. Nasehat Umum (2)

Di antara kebiasaan-kebiasaan buruk yang lain adalah :

1. Menggunakan buku/kitab atau pensil orang lain tanpa izin.

2. Mengambil barang hilang di jalan dan memilikinya. Seharusnya ia harus mengembalikan kepada pemiliknya.

3. Meminjam sesuatu dan merusaknya atau mengembalikannya karena tidak suka.

4. Jika ditanya dijawab dengan menggelenkan kepala atau menaikkan pundak.

5. Menjawab pertanyaan yang diajuan kepada orang lain.

Dan di antara yang termasuk aib adalah :

1. Tidak memotong rambut atau merapikannya dengan sisir, sehingga panjang dan dilihatnya jelek.

2. Tidak memotong kuku, sehingga kukunya menjadi kotor dan hitam.

3. Tidak mencuci atau mengganti pakaian, sehingga keluar bau yang tidak sedab.

Berhati-hatilah bermain dengan sesuatu yang membahayakan, seperti debu, api, kotoran. Dan berhati-hatilah bermain korek apai, nanti membakar baju dan badan, atau bermain kotoran, nanti terkena sakit kurap dan gatat-gatal. Dan berhati-hatilah juga menggatung di tangga, atau naik dahan pohon, nanti bisa jatuh, maka akan patah sesuatu dari badanmu atau terluka.

Jagalah kesehatanmu, di antara caranya adalah :

1. Olahraga di tempat yang bersih udaranya setiap hari supaya badannya sehat. Akal yang sehat ada pada jisim yang sehat pula.

2. Menghirup udara yang bersih dari hidung, bukan dari mulut.

3. Menjauh dari udara yang kotor.

4. Tidak memakan makanan yang sudah basi. Karena terkadang makanan seperti itu sudah dikotori/dimakan cicak, tikus dan lain-lain.

5. Jangan memakan buah-buahan yang belum matang atau busuk, dan makanlah buah yang sudah matang dan dicuci dengan bersih.

6. Jangan minum air yang kotor.

7. Jangan membiarkan nyamuk menggigit badanmu.

8. Jauhilah lalat dan usirlah bila menghinggap di wajah.

9. Tidak makan makanan yang sudah kadaluwarsa.

10. Janganlah seperti anak-anak yang rakus yang memakan dari makanan yang dijual di pingiran jalan, diletakkan di tempat yang kotor dan gampang terkana debu atau lalat.

Di antara kebiasan yang berbahaya adalah :

1. Berlebihan (Israf).

2. Mubadzir (Tabdzir).

Misalnya, jika seorang anak diberi uang, maka ia membelikan sesuatu yang tidak ada manfaatnya, atau tidak dama sekali dibutuhkan. Memaksakan diri hingga meminjam uang teman ketika membutuhkan sesuatu. Dan membiasakan hutang sejak kecil.
Adapun anak yang cerdas dan berfikir ke depan, maka ia akan menabungkan uangnya atau menyimpannya. Karena itu, ia tidak perlu menghutang ketika membutuhkan sesuatu. Maka ia akan hidup dalam ketenangan dan bahagia.

Wallahu a'lam bish showab,

Sumber : Pontren.com

Print Friendly and PDF

0 Response to "Akhlaq Lil Banin Juz 1 Makna Gandul dan Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel