Nadhom Khoridatul bahiyah Terjemah Bahasa Indonesia
Pembaca sekalian berikut ini adalah Nadhom Kitab Khoridatul Bahiyah yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Dalam Kurikulum FKDT Kabupaten Tegal kitab ini disampaikan di MDTA kelas 4 sebagai pelajaran Aqidah atau tauhid. Selamat membaca!
يـقــول راجـــي رحـمــة الـقـديــر
BERKATA ORANG YANG MENGHARAPKAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA KUASA
أي أحـمـد المـشـهـور بـالـدرديـر
YAITU SYEKH AHMAD YANG TERKENAL DENGAN PANGGILAN DARDIR (NAMA DAERAH DI KOTA MESIR)
الـحـمــد لله الـعــلــي الــواحـــد
SEGALA PUJI BAGI ALLAH YANG MAHA TINGGI LAGI MAHA ESA
العـالـم الـفـرد الـغـنـي الـمـاجـد
YANG MAHA MENGETAHUI LAGI TUNGGAL LAGI MAHA KAYA LAGI MAHA MULIA
وأفــضــل الــصــلاة والـتـسـلـيـم
DAN PALING UTAMA SHALAWAT DAN SALAM
علـى النبـي المصطفـى الكريـم
UNTUK NABI YANG TERPILIH LAGI MULIA
وآلــــــه وصــحــبـــه الأطـــهــــار
DAN KEPADA KELUARGA DAN PARA SAHABAT BAGINDA NABI YANG SUCI
لا سـيـمـا رفـيـقـه فـــي الــغــار
TERUTAMA KEPADA SAHABAT BAGINDA KETIKA DI DALAM GUA (TSUR, YAITU ABU BAKAR)
وهـــــــذه عــقــيـــدة ســنــيـــة
MAKA INI ADALAH AQIDAH YANG AGUNG
سمـيـتـهـا الـخــريــدة الـبـهـيــة
AKU MENAMAKANNYA AL-KHARIDAH AL-BAHIYYAH
لطيـفـة صـغـيـرة فـــي الـحـجـم
RINGAN DAN KECIL DALAM UKURAN
لـكـنـهـا كبرة في العلم
TETAPI IA BESAR DALAM KANDUNGAN ILMU PENGETAHUAN
تكفيك علما ان ترد أن تكتفي
CUKUPLAH UNTUKMU DENGAN NADHOMKU INI SEBAGAI PENGETAHUAN (DALAM ILMU TAUHID)
لأنها بــزبــدة الــفــنِّ تــفـــي
KARENA DI DALAMNYA SUDAH TERKANDUNG INTI-INTI PENJELASAN DI DALAM ILMU TAUHID
واللهَ أرجــو فــي قـبــول الـعـمـل
HANYA KEPADA ALLAH AKU BERHARAP KARYAKU INI DITERIMA
والنـفـع منـهـا ثــم غـفــر الـزلــل
MENDAPAT MANFAAT DARINYA KEMUDIAN DIAMPUNI SEGALA KESALAHAN
أقسـام حـكـم العـقـل لا محـالـة
BAGIAN-BAGIAN HUKUM AKAL TANPA KERAGUAN
هــي الـوجـوب ثــم الاستـحـالـة
YAITU WAJIB KEMUDIAN MUSTAHIL
ثـــم الـجــواز ثــالــث الأقــســام
KEMUDIAN JAIZ ADALAH BAGIAN KETIGA
فافـهـم مـنـحـت لـــذة الأفـهــام
PAHAMILAH KELAK KAMU AKAN MENEMUKAN KENIKMATAN YANG KAU PAHAMI
وواجـب شـرعـا عـلـى المكـلـف
MAKA WAJIB SECARA SYARA' BAGI MUKALLAF (AQIL BALIGH)
مـعـرفــة الله الـعـلــيِّ فــاعـــرفِ
MENGENAL ALLAH YANG MAHA TINGGI, HENDAKLAH ENGKAU MENGETAHUI
أي يـعــرف الـواجــب والـمـحــالا
YAITU MENGETAHUI APA YANG WAJIB DAN APA YANG MUSTAHIL
مــع جـائـز فـــي حـقــه تـعـالـى
SERTA APA YANG JAIZ PADA HAK ALLAH TAALA
ومـثـل ذا فــي حــق رسْـــلِ الله
DAN BEGITU JUGA HAK UTUSAN-UTUSAN ALLAH
عــلــيــهــم تــحـــيـــة الإلــــــــهِ
SEMOGA ATAS MEREKA PEMULIAAN TUHAN
فالواجـب العقلـي مـا لـم يقـبـلِ
WAJIB AQLI ADALAH SESUATU YANG TIDAK DAPAT DICERNA AKAL -
الاِنـتـفــا فــــي ذاتــــه فـابـتـهـلِ
KETIADAANNYA PADA DZATNYA MAKA PATUTLAH ENGKAU TUNDUK BERHARAP (KEPADA-NYA)
والمستـحـيـل كـــل مـــا لم يـقـبـل
DAN MUSTAHIL AQLI ADALAH SEMUA YANG TIDAK BISA DICERNA AKAL
فــي ذاتـــه الـثـبـوتَ ضـــد الأولِ
AKAN KEBERADAAN DZATNYA. YAKNI KEBALIKAN YANG PERTAMA (WAJIB AQLI)
وكــــل أمـــــر قــابـــل لـلانـتـفــا
DAN SEMUA HAL YANG DAPAT DICERNA AKAL AKAN KETIADAANNYA
ولـلـثـبـوت جــائـــز بـــــلا خــفـــا
DAN KEBERADAANNYA MAKA ADALAH JAIZ AQLI DENGAN TANPA KERAGUAN
ثــم اعلـمـنْ بــأنَّ هــذا العـالـمـا
KEMUDIAN KETAHUILAH BAHWA SESUNGGUHNYA ALAM INI
أي ما سـوى الله العلـيِّ العالِمـا
YAITU PERKARA SELAIN ALLAH YANG MAHA TINGGI LAGI MAHA MENGETAHUI
مــن غـيـر شــك حــادث مفتـقـر
TANPA RAGU, ALAM ADALAH BARU DAN MEMERLUKAN
لأنــــــه قــــــامَ بــــــهِ الـتـغــيــرُ
KARENA TERJADI PERUBAHAN PADANYA
حـدوثــه وجـــوده بــعــد الــعــدم
BARU ADALAH KEBERADAANNYA SETELAH (DIDAHULUI) TIDAK ADA
وضــده هــو المسـمـى بـالـقِـدَمْ
DAN LAWANNYA DISEBUT QIDAM (DAHULU)
فاعـلـم بـــأن الـوصــف بـالـوجـود
MAKA KETAHUILAH BAHWA SIFAT WUJUD,
مــن واجـبـات الـواحـد المـعـبـود
TERMASUK SALAH SATU SIFAT WAJIB UNTUK TUHAN YANG ESA LAGI DISEMBAH
إذا ظــاهـــر بـــــأن كـــــل أثـــــرِ
KARENA JELAS, SESUNGGUHNYA SEMUA YANG TERJADI ADALAH
يــهــدي إلــــى مــؤثــر فـاعـتـبـرِ
MENUNJUKKAN ADANYA DZAT YANG MENJADIKAN. MAKA HENDAKLAH ENGKAU RENUNGKAN!
وذي تـسـمـى صــفــة نـفـسـيـة
DAN SIFAT WUJUD INI DINAMAI SIFAT NAFSIYAH
ثـــم تلـيـهـا خـمـســة سـلـبـيـة
KEMUDIAN LIMA SIFAT SETELAHNYA DISEBUT SIFAT SALBIYAH
وهي القِدَمْ بالذات فاعلم والبقـا
YAITU 1. QIDAM (DAHULU) DZATNYA, HENDAKLAH ENGKAU KETAHUI DAN 2. BAQO (KEKAL ABADI)
قيـامـه بالـنـفـس نـلــت الـتـقـى
DAN 3. QIYAMUHU BINNAFSI (BERDIRI SENDIRI) NISCAYA ENGKAU DAPATKAN KETAKWAAN DENGAN MENGHAYATI
مـخــالــفٌ لـلـغــيــر وحــدانــيــة
4. MUKHOLAFAH (BERBEDA DENGAN YANG LAIN/ MAKHLUK), 5. WAHDANIYAH (ESA)
فــي الــذات أو صـفـاتـه العـلـيَّـةْ
PADA DZAT ATAU PADA SIFAT-SIFAT-NYA
والـفـعــلِ، فالـتـأثـيـرُ لــيــس إلا
DAN (ESA) PERBUATAN. YANG MEMBERI DAMPAK (MEWUJUDKAN) TIDAKLAH ADA KECUALI (ALLAH SEMATA)
لـلـواحـد الـقـهــار جــــلَّ وعــــلا
BAGI TUHAN YANG ESA LAGI PERKASA, YANG JALLA WA A'LA
ومـــن يـقــل بالـطـبـع أو بالـعـلـة
MAKA BARANGSIAPA YANG BERKATA TERJADINYA SESUATU SEBAB TABIATNYA SENDIRI
فــذاك كـفـر عـنـد أهــل الـمـلـة
MAKA ITU MENJADI KUFUR DI SISI PENGANUT AGAMA INI
ومـــن يـقــل بـالـقـوة الـمـودعــةِ
DAN BARANGSIAPA YANG BERKATA TERJADINYA SESUATU KARENA KEKUATAN YANG DITITIPKAN TUHAN
فــــذاك بــدعــي فــــلا تـلـتـفـتِ
MAKA ITU ADALAH BID'AH. MAKA JANGANLAH ENGKAU TERTARIK
لــو لــم يـكـن متصـفـا بـهـا لــزمْ
ANDAIKAN ALLAH TIDAK BERSIFAT DENGAN SEMUANYA (SIFAT-SIFAT DI ATAS) SUDAH TENTU -
حـدوثـه وهــو مـحــال فاسـتـقـم
ALLAH BARU KEBERADAANNYA, SEDANGKAN ITU ADALAH MUSTAHIL MAKA HENDAKLAH ENGKAU TETAP LURUS
لأنــه يفـضـي إلــى التسـلـسـلِ
KARENA AKAN TERJADI TASALSUL (BERLANJUT)
والدورِ وهو المستحيل المنجلي
DAN JUGA DAUR (PERPUTARAN), SEDANGKAN ITU ADALAH HAL MUSTAHIL YANG NYATA
فهـو الجليـل والجمـيـل والـولـيْ
MAKA DIALAH JALIL DAN JAMIL, DAN WALI
والظاهر القـدوس والـربُّ العلـيْ
DAN ZAHIR DAN QUDDUS DAN RABB YANG A'LIYY
مـنــزَّهٌ عـــن الـحـلـولِ والـجـهــةْ
ALLAH TIDAK BERTEMPAT DAN TIDAK BERARAH
والاتـصــال الانـفـصـالِ والـصِـفَــهْ
TIDAK BERSEMAYAM ATAU TERPISAH DAN MENJADI KEBODOHAN
ثــم المـعـانـي سـبـعـة لـلـرائـي
KEMUDIAN SIFAT MA'ANI YANG BERJUMLAH TUJUH UNTUK MELIHAT
أي عـلـمـه المـحـيـط بـالأشـيــاءِ
1. SIFAT ILMU (MENGETAHUI)NYA YANG MENDETAIL SEGALA SESUATU
حــــيــــاتــــه وقــــــــــــدرة إرادة
2. HAYAT (HIDUP)NYA DAN 3. QUDRAT (KUASA)NYA DAN 4. IRADAH (BERKEHENDAK)NYA
وكـــــل شــــــيء كـــائـــن أرادَهْ
MAKA SEMUA YANG TERJADI ADALAH ATAS KEHENDAK-NYA
وإن يــكــن بــضــدِّه قــــد أمـــــرا
SEKALI PUN YANG TERJADI ITU BERLAWANAN DENGAN PERINTAH-NYA
فالقصـد غيـر الأمـر فاطـرحِ المِـراْ
KARENA KEHENDAK BUKANLAH PERINTAH. MAKA TINGGALKAN PERDEBATAN!
فـقــد عـلـمـت أربـعــا أقـسـامــا
MAKA SESUNGGUHNYA ENGKAU TELAH MENGETAHUI EMPAT PEMBAGIAN (DI ATAS)
فـي الكائـنـات فاحـفـظِ المقـامـا
DALAM KEJADIAN, HENDAKLAH ENGKAU PELIHARA KEDUDUKAN
كــلامـــه والـســمــع والإبــصـــارُ
5. KALAM (BERFIRMAN)NYA DAN 6. SAMA' (MENDENGAR) DAN 7. BASHOR (MELIHAT)
فـهــو الإلـــه الـفـاعـل المـخـتـارُ
MAKA DIALAH TUHAN YANG BERBUAT LAGI BERKEHENDAK
وواجـــب تعـلـيـق ذي الـصـفــات
WAJIB PULA MENTA'ALUKKAN (MENGKORELASIKAN) SIFAT-SIFAT INI
حتـمـا ودومــا مــا عــدا الـحـيـاةِ
DENGAN PASTI LAGI TETAP KECUALI SIFAT HAYAT
فالعلـم جزمـا والكـلام السامـي
MAKA SIFAT ILMU DAN KALAM YANG MULIA
تـعـلــقــا بــســائــر الأقـــســــامِ
KEDUANYA BERTA'ALUK (BERKORELASI) DENGAN SEGALA BAGIAN (WAJIB, MUHAL, JAIZ)
وقــــــــــــدرةٌ إرادةٌ تـــعـــلَّـــقــــا
SIFAT QUDRAT DAN IRODAT KEDUANYA BERTA'ALUK JUGA
بالممكـنـات كلـهـا أخــا الـتُّـقـى
DENGAN MUMKINAT (JAIZ AQLI) SEMUANYA WAHAI SAUDARA YANG TAQWA
واجــزم بـــأن سـمـعـه والـبـصـرا
DAN YAKINLAH ENGKAU BAHWA SIFAT SAMA' DAN BASHOR ITU
تـعـلـقـا بــكــل مــوجــود يُـــــرَى
KEDUANYA BERTA'LUK (BERKORELASI) DENGAN SEMUA MAUJUD YANG DAPAT DILIHAT
وكــلــهــا قــديــمـــة بـــالــــذات
DAN SEMUA SIFAT ITU (SIFAT-SIFAT MA'ANI) ADALAH QODIM (DAHULU) PADA DZAT
لأنـهــا لـيـســت بـغـيــر الــــذاتِ
SEBAB IA BUKAN HAL LAIN DARI DZAT ALLAH
ثـــم الـكــلام لـيــس بـالـحــروفِ
KEMUDIAN KALAM (FIRMAN ALLAH) BUKAN BERUPA HURUF
ولـيــس بالـتـرتـيـب كـالـمـألـوفِ
DAN BUKAN BERBENTUK SUSUNAN SEPERTI YANG KITA KETAHUI
ويستـحـيـل ضــــدُّ مــــا تـقـدمــا
DAN SIFAT MUSTAHIL ADALAH KEBALIKAN DARI YANG TERDAHULU (TELAH DISEBUTKAN)
من الصفـات الشامخـات فاعلمـا
DARI SIFAT-SIFAT YANG TINGGI ITU MAKA HENDAKLAH ENGKAU TAHU
لأنـــه لـــو لـــم يـكــن مـوصــوفا
KARENA ANDAIKAN ALLAH TIDAK BERSIFAT DENGAN SIFAT-SIFAT YANG SUDAH DISEBUTKAN
بـهـا لـكــان بـالـسـوى مـعـروفـا
MAKA TENTU ALLAH AKAN BERSIFAT DENGAN PERLAWANAN SIFAT-SIFAT YANG DIKENALI (TERSEBUT)
وكـــلُّ مـــن قـــام بـــه سـواهــا
DAN APABILA ALLAH BERSIFAT DENGANNYA (SIFAT-SIFAT MUSTAHIL)
فهو الذي في الفقـر قـد تناهـى
MAKA AKAN MENJADIKAN-NYA BUTUH PADA MAKHLUK
والــواحــد لـمـعـبــود لا يـفـتـقــر
SEDANGKAN ALLAH DZAT YANG ESA LAGI DISEMBAH TIDAK MEMERLUKAN
لـغـيـره جـــلَّ الـغَـنِـيْ المُـقْـتَـدِرُ
PADA YANG LAIN, ALLAH MAHA KAYA LAGI MAHA BERKUASA IA DENGAN SEAGUNG-AGUNGNYA
وجــائــز فــــي حــقــه الإيــجــاد
DAN SIFAT JAIZ (HARUS) BAGI ALLAH IA BERHAK MEWUJUDKAN
والـتــرك والإشـقــاء والإســعــادُ
DAN MENIADAKAN, DAN MENJADIKAN CELAKA ATAU BAHAGIA (PADA MAKHLUK-NYA)
ومـن يـقُـلْ فِـعْـلُ الـصـلاحِ وجَـبـا
DAN BARANGSIAPA BERKATA BAHWA ALLAH WAJIB BERBUAT BAIK PADA MAKHLUK-NYA
عـلـى الإلــه قــد أســـاءَ الأدَبـــا
MAKA SUNGGUH IA TELAH SU'UL ADAB (KURANG SOPAN) PADA TUHANNYA
واجــــزم أَخِــــيْ بِــرُؤيــة الإلــــهِ
DAN HENDAKLAH ENGKAU MEMANTAPKAN HATI WAHAI SAUDARAKU, BAHWA SEORANG HAMBA MELIHAT TUHANNYA
فــي جـنَّـةِ الخُـلْـدِ بــلا تـنـاهـي
NANTI DI DALAM SYURGA YANG ABADI TANPA HENTI-HENTI
إذِ الـــوُقـــوعُ جـــائـــزٌ بـالـعــقْــلِ
KARENA DAPAT MELIHAT ALLAH DI DALAM SURGA NANTI DAPAT DITERIMA OLEH AKAL
وقــد أَتــى فـيــهِ دلـيــلُ الـنَّـقْـلِ
DAN JUGA TELAH DIDUKUNG DENGAN ADANYA DALIL NAQLI (AL-QURAN DAN HADITS)
وَصِــفْ جمـيـعَ الـرُّسْـلِ بالأمـانـة
DAN HENDAKLAH SIFATKAN SEMUA RASUL DENGAN 1. AMANAH (DAPAT DIPERCAYA)
والـصــدق والتـبـلـيـغ والـفـطـانـة
DAN 2. SIDIQ (JUJUR) DAN 3. TABLIGH (MENYAMPAIKAN WAHYU) DAN 4. FATHANAH (CERDAS)
ويسـتـحـيـل ضــدهـــا عـلـيـهِــمُ
DAN MUSTAHIL PARA RASUL BERSIFAT LAWANNYA DARI SIFAT-SIFAT DI ATAS
وجـائــزٌ كـالأكــلِ فـــي حـقـهِــمُ
DAN JAIZ (HARUS) HUKUMNYA BAGI MEREKA SEPERTI MAKAN, PADA HAK MEREKA
إرسـالــهــم تـفــضُّــلٌ ورَحْــمَـــةْ
ALLAH MENGUTUS MEREKA (PARA RASUL) MURNI SEBAGAI BENTUK KARUNIA DAN RAHMAT-NYA
للعالَمـيـنَ جَــلَّ مُـولِـيْ النِّعْـمَـةْ
UNTUK SEMUA ALAM, DARI PEMBERI NIKMAT YANG MAHA MULIA
ويــلـــزم الإيــمـــان بـالـحـســابِ
DAN WAJIB SECARA SYAR'I BERIMAN PADA HISAB (PERHITUNGAN AMAL),
والـحـشــر والـعـقــاب والــثــوابِ
DAN HASYR (PENGUMPULAN UMAT MANUSIA) DAN SIKSA DAN GANJARAN
والـنـشـر والــصــراط والـمـيــزانِ
DAN NASYR (PEMBANGKITAN DARI ALAM KUBUR) DAN SIRAT (JEMBATAN) DAN TIMBANGAN AMAL
والـحــوضِ والـنـيــرانِ والـجـنــانِ
DAN TELAGA DAN NERAKA DAN JUGA SYURGA
والـجــنِّ والأمـــلاك ثـــم الأنـبـيـا
PADA JIN DAN MALAIKAT KEMUDIAN PARA NABI
والـحــور والـوِلــدانِ ثـــم الأولـيــا
PADA BIDADARI DAN KANAK-KANAK SYURGA KEMUDIAN AULIA' (KEKASIH ALLAH)
وكـــل مـــا جـــاء مـــن البـشـيـرِ
DAN JUGA WAJIB MENGIMANI TIAP YANG DATANG DARI PEMBAWA KABAR GEMBIRA (NABI MUHAMMAD)
مـن كـلِّ حكـمٍ صــار كالـضـروري
DARI SEGALA MACAM HUKUM YANG MENJADI BERSIFAT DHARURI (JELAS)
وينـطـوي فــي كلـمـة الإســـلامِ
DAN TERCAKUP DALAM KANDUNGAN KALIMAH ISLAM (لااله الاالله محمد رسول الله)
ما قد مضـى مـن سائـر الأحكـام
APA YANG LALU DARI SEMUA HUKUM-HUKUM
فـأكْـثِـرَنْ مـــن ذكـرهــا بـــالأدبِ
MAKA PERBANYAKLAH ENGKAU MENYEBUT KALIMAT TAUHID (لااله الاالله محمد رسول الله) DENGAN BERETIKA
ترقـى بهـذا الذكـر أعلـى الـرتـبِ
MAKA DENGAN ZIKIR INI ENGKAU AKAN MENDAPATKAN DERAJAT YANG TINGGI
وغَلَِـبِ الـخـوفَ عـلـى الـرجـاء
HENDAKLAH ENGKAU MENGEDEPANKAN KHOUF (TAKUT) ATAS ROJA' (HARAP)
وسِـــــرْ لــمـــولاكَ بـــــلا تــنـــاءِ
DAN BERJALANLAH ENGKAU PADA JALAN TUHANMU TANPA LALAI
وجَـــــــدِّدِ الــتَّــوبـــةَ لــــــــلأوزارِ
DAN HENDAKLAH PERBARUI TAUBATMU DARI DOSA-DOSA
لا تيْـاَسَـنْ مــن رحـمــة الـغـفـارِ
JANGAN PUTUS ASA AKAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA MENGAMPUN
وكــــن عــلــى آلائِــــهِ شــكــورا
DAN JADILAH ENGKAU ORANG YANG BERSYUKUR ATAS NIKMAT-NIKMAT-NYA
وكــــن عــلــى بــلائــه صــبـــورا
DAN JADILAH ENGKAU ORANG YANG SABAR ATAS SEGALA UJIAN-NYA
وكـــل أمــــرٍ بـالـقـضـاء والــقــدرْ
DAN SETIAP PERKARA ITU SUDAH ADA QODHO (KETENTUAN) DAN QADAR (TAKDIRNYA)
وكــل مـقـدورٍ فـمــا عـنــه مـفَــرّْ
DAN SETIAP YANG SUDAH DITAKDIRKAN MAKA TIDAK AKAN MAMPU LARI DARINYA
فكُـنْ لـه مُسَلِّـمـاً كَــيْ تَسْلَـمـا
MAKA JADILAH ENGKAU ORANG YANG BERSERAH DIRI AGAR ENGKAU DAPAT MENJAGA DIRI
واتبـع سبيـل الناسكيـن العُلَـمـا
SERTA IKUTILAH JALAN PARA AHLI IBADAH, LAGI BERILMU
وخَـلِّــصِ الـقـلـبَ مـــن الأغـيــارِ
DAN MURNIKANLAH HATI DARI SEGALA YANG MENIPU
بالـجـد والقـيـامِ فــي الأسـحــارِ
DENGAN BERSUNGGUH-SUNGGUH DAN BERIBADAH DI MALAM HARI
والفـكـر والـذكـرِ عـلــى الـــدوامِ
DAN BERPIKIR (KEINDAHAN CIPTAAN ALLAH) DAN BERZIKIR TANPA HENTI-HENTI
مـجـتـنــبــاً لــســائـــرِ الآثـــــــامِ
LAGI MENJAUHI SEGALA MACAM DOSA
مـراقــبــا لله فــــــي الأحــــــوالِ
SELALU MUROQOBAH (MENDEKATKAN DIRI) KEPADA ALLAH DI SETIAP KEADAAN
لـتـرتـقــي مَــعــالــمَ الــكــمــالِ
AGAR ENGKAU MENDAPATKAN DERAJAT KELUHURAN
وقــــل بِـــــذُلٍّ ربِّ لا تـقـطـعـنـي
DAN BERDOALAH DENGAN KERENDAHAN HATI, WAHAI TUHANKU JANGANLAH ENGKAU PUTUSKAN HARAPANKU
عــنــك بـقــاطــعٍ ولا تـحـرمـنــي
DARI ENGKAU DENGAN PEMUTUS DAN JANGANLAH AKU ENGKAU JAUHKAN AKU
مِن سِرِّكَ الأبهى المُزيلِ للعَمَى
DARI CAHAYA -MU YANG SANGAT INDAH YANG MENGHILANGKAN SEGALA KEGELAPAN (KEBODOHAN)
واخْتِـمْ بخيـرٍ يــا رحـيـمَ الرُّحَـمـا
DAN AKHIRILAH HIDUP KAMI DENGAN AKHIR YANG BAIK WAHAI DZAT YANG MAHA PENGASIH LAGI PENYANYANG
والـحــمــد لله عــلـــى الـتَّــمــامِ
SEGALA PUJI BAGI ALLAH ATAS PENYEMPURNAAN INI
وأفْــضَـــلُ الــصـــلاة والــســـلامِ
DAN SEBAIK-BAIK SHOLAWAT DAN SALAM
علـى النبـي الهاشمـيِّ الخاتَـمِ
SEMOGA TERCURAH ATAS NABI TERAKHIR YANG KETURUNAN BANI HASYIM
وآلِـــــــهِ وصَــحْــبِـــهِ الأَكـــــــارِمِ
SERTA KELUARGA DAN SAHABAT BEGINDA YANG MULIA-MULIA
Maaf, terjemahannya sulit dipahami
BalasHapusTerima kasih atas masukannya, alhamdulillah sudah ada perbaikan terjemah, mudah-mudahan sedikit lebih bisa dipahami, mohon maaf baru sempat memperbaiki
BalasHapusMa'af sepertinya ada salah satu NADZOM yang kalimatnya kirang / hilang...
BalasHapusAlhamdulillah pada bait والمستـحـيـل كـــل مـــا لم يـقـبـل yang tadinya kurang kata لم sudah dilengkapi.
HapusMaturnuwun koreksinya yai, insya Allah nanti saya cek kembali
BalasHapus