Nadhom Khoridatul bahiyah Terjemah Bahasa Indonesia

Pembaca sekalian berikut ini adalah Nadhom Kitab Khoridatul Bahiyah yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Dalam Kurikulum FKDT Kabupaten Tegal kitab ini disampaikan di MDTA kelas 4 sebagai pelajaran Aqidah atau tauhid. Selamat membaca!

 يـقــول راجـــي رحـمــة الـقـديــر

 BERKATA ORANG YANG MENGHARAPKAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA KUASA   

أي أحـمـد المـشـهـور بـالـدرديـر

YAITU SYEKH AHMAD YANG TERKENAL DENGAN PANGGILAN DARDIR (NAMA DAERAH DI KOTA MESIR)

الـحـمــد لله الـعــلــي الــواحـــد 

SEGALA PUJI BAGI ALLAH YANG  MAHA TINGGI LAGI MAHA ESA

العـالـم الـفـرد الـغـنـي الـمـاجـد

YANG MAHA MENGETAHUI LAGI TUNGGAL LAGI MAHA KAYA LAGI MAHA MULIA

وأفــضــل الــصــلاة والـتـسـلـيـم 

DAN PALING UTAMA SHALAWAT DAN SALAM

علـى النبـي المصطفـى الكريـم

UNTUK NABI YANG TERPILIH LAGI MULIA

وآلــــــه وصــحــبـــه الأطـــهــــار 

DAN KEPADA KELUARGA DAN PARA SAHABAT BAGINDA NABI YANG SUCI

لا سـيـمـا رفـيـقـه فـــي الــغــار

TERUTAMA KEPADA SAHABAT BAGINDA KETIKA DI DALAM GUA (TSUR, YAITU ABU BAKAR)

وهـــــــذه عــقــيـــدة ســنــيـــة 

MAKA INI ADALAH AQIDAH YANG AGUNG

سمـيـتـهـا الـخــريــدة الـبـهـيــة

AKU MENAMAKANNYA AL-KHARIDAH AL-BAHIYYAH

لطيـفـة صـغـيـرة فـــي الـحـجـم 

RINGAN DAN KECIL DALAM UKURAN

لـكـنـهـا كبرة في العلم

TETAPI IA BESAR DALAM KANDUNGAN ILMU PENGETAHUAN

  تكفيك علما ان ترد أن تكتفي

CUKUPLAH UNTUKMU DENGAN NADHOMKU INI SEBAGAI PENGETAHUAN (DALAM ILMU TAUHID)

 لأنها بــزبــدة الــفــنِّ تــفـــي 

KARENA DI DALAMNYA SUDAH TERKANDUNG INTI-INTI PENJELASAN DI DALAM ILMU TAUHID

واللهَ أرجــو فــي قـبــول الـعـمـل

HANYA KEPADA ALLAH AKU BERHARAP KARYAKU INI DITERIMA

والنـفـع منـهـا ثــم غـفــر الـزلــل

MENDAPAT MANFAAT DARINYA KEMUDIAN DIAMPUNI SEGALA KESALAHAN

أقسـام حـكـم العـقـل لا محـالـة

BAGIAN-BAGIAN HUKUM AKAL TANPA KERAGUAN

هــي الـوجـوب ثــم الاستـحـالـة

YAITU WAJIB KEMUDIAN MUSTAHIL

ثـــم الـجــواز ثــالــث الأقــســام

KEMUDIAN JAIZ ADALAH BAGIAN KETIGA 

فافـهـم مـنـحـت لـــذة الأفـهــام

PAHAMILAH KELAK KAMU AKAN MENEMUKAN KENIKMATAN YANG KAU PAHAMI

وواجـب شـرعـا عـلـى المكـلـف

MAKA WAJIB SECARA SYARA' BAGI MUKALLAF (AQIL BALIGH)

مـعـرفــة الله الـعـلــيِّ فــاعـــرفِ

MENGENAL ALLAH YANG MAHA TINGGI, HENDAKLAH ENGKAU MENGETAHUI

أي يـعــرف الـواجــب والـمـحــالا

YAITU MENGETAHUI APA YANG WAJIB DAN APA YANG MUSTAHIL

مــع جـائـز فـــي حـقــه تـعـالـى

SERTA APA YANG JAIZ PADA HAK ALLAH TAALA

ومـثـل ذا فــي حــق رسْـــلِ الله

DAN BEGITU JUGA HAK UTUSAN-UTUSAN ALLAH

عــلــيــهــم تــحـــيـــة الإلــــــــهِ

SEMOGA ATAS MEREKA PEMULIAAN TUHAN

فالواجـب العقلـي مـا لـم يقـبـلِ

WAJIB AQLI ADALAH SESUATU YANG TIDAK DAPAT DICERNA AKAL -

الاِنـتـفــا فــــي ذاتــــه فـابـتـهـلِ

KETIADAANNYA PADA DZATNYA MAKA PATUTLAH ENGKAU TUNDUK BERHARAP (KEPADA-NYA)

والمستـحـيـل كـــل مـــا لم يـقـبـل

DAN MUSTAHIL AQLI ADALAH SEMUA YANG TIDAK BISA DICERNA AKAL

فــي ذاتـــه الـثـبـوتَ ضـــد الأولِ

AKAN KEBERADAAN DZATNYA. YAKNI KEBALIKAN YANG PERTAMA (WAJIB AQLI)

وكــــل أمـــــر قــابـــل لـلانـتـفــا

DAN SEMUA HAL YANG DAPAT DICERNA AKAL AKAN KETIADAANNYA

ولـلـثـبـوت جــائـــز بـــــلا خــفـــا

DAN KEBERADAANNYA MAKA  ADALAH JAIZ AQLI DENGAN TANPA KERAGUAN

ثــم اعلـمـنْ بــأنَّ هــذا العـالـمـا

KEMUDIAN KETAHUILAH BAHWA SESUNGGUHNYA ALAM INI

أي ما سـوى الله العلـيِّ العالِمـا

YAITU PERKARA SELAIN ALLAH YANG MAHA TINGGI LAGI MAHA MENGETAHUI

مــن غـيـر شــك حــادث مفتـقـر

TANPA RAGU, ALAM ADALAH BARU DAN MEMERLUKAN

لأنــــــه قــــــامَ بــــــهِ الـتـغــيــرُ

KARENA TERJADI PERUBAHAN PADANYA

حـدوثــه وجـــوده بــعــد الــعــدم

BARU ADALAH  KEBERADAANNYA SETELAH (DIDAHULUI) TIDAK ADA

وضــده هــو المسـمـى بـالـقِـدَمْ

DAN LAWANNYA DISEBUT QIDAM (DAHULU)

فاعـلـم بـــأن الـوصــف بـالـوجـود

MAKA KETAHUILAH BAHWA SIFAT WUJUD,

مــن واجـبـات الـواحـد المـعـبـود

TERMASUK SALAH SATU SIFAT WAJIB UNTUK TUHAN YANG ESA LAGI DISEMBAH

إذا ظــاهـــر بـــــأن كـــــل أثـــــرِ

KARENA JELAS, SESUNGGUHNYA SEMUA YANG TERJADI ADALAH

يــهــدي إلــــى مــؤثــر فـاعـتـبـرِ

MENUNJUKKAN ADANYA DZAT YANG MENJADIKAN. MAKA HENDAKLAH ENGKAU RENUNGKAN!

وذي تـسـمـى صــفــة نـفـسـيـة

DAN SIFAT WUJUD INI DINAMAI SIFAT NAFSIYAH

ثـــم تلـيـهـا خـمـســة سـلـبـيـة

KEMUDIAN LIMA SIFAT SETELAHNYA DISEBUT SIFAT SALBIYAH

وهي القِدَمْ بالذات فاعلم والبقـا

YAITU 1. QIDAM (DAHULU) DZATNYA, HENDAKLAH ENGKAU KETAHUI DAN 2. BAQO (KEKAL ABADI)

قيـامـه بالـنـفـس نـلــت الـتـقـى

DAN 3. QIYAMUHU BINNAFSI (BERDIRI SENDIRI) NISCAYA ENGKAU DAPATKAN KETAKWAAN DENGAN MENGHAYATI 

مـخــالــفٌ لـلـغــيــر وحــدانــيــة

4. MUKHOLAFAH (BERBEDA  DENGAN YANG LAIN/ MAKHLUK), 5. WAHDANIYAH (ESA)

فــي الــذات أو صـفـاتـه العـلـيَّـةْ

PADA DZAT ATAU PADA SIFAT-SIFAT-NYA

والـفـعــلِ، فالـتـأثـيـرُ لــيــس إلا

DAN (ESA) PERBUATAN. YANG MEMBERI DAMPAK (MEWUJUDKAN) TIDAKLAH ADA KECUALI (ALLAH SEMATA)

لـلـواحـد الـقـهــار جــــلَّ وعــــلا

BAGI TUHAN YANG ESA LAGI PERKASA, YANG JALLA WA A'LA

ومـــن يـقــل بالـطـبـع أو بالـعـلـة

MAKA BARANGSIAPA YANG BERKATA TERJADINYA SESUATU SEBAB TABIATNYA SENDIRI

فــذاك كـفـر عـنـد أهــل الـمـلـة

MAKA  ITU MENJADI KUFUR DI SISI PENGANUT AGAMA INI

ومـــن يـقــل بـالـقـوة الـمـودعــةِ

DAN BARANGSIAPA YANG BERKATA TERJADINYA SESUATU KARENA KEKUATAN YANG DITITIPKAN TUHAN

فــــذاك بــدعــي فــــلا تـلـتـفـتِ

MAKA ITU ADALAH BID'AH. MAKA JANGANLAH ENGKAU TERTARIK

لــو لــم يـكـن متصـفـا بـهـا لــزمْ

ANDAIKAN ALLAH TIDAK BERSIFAT DENGAN SEMUANYA (SIFAT-SIFAT DI ATAS) SUDAH TENTU -

حـدوثـه وهــو مـحــال فاسـتـقـم

ALLAH BARU KEBERADAANNYA, SEDANGKAN ITU ADALAH MUSTAHIL MAKA HENDAKLAH ENGKAU TETAP LURUS

لأنــه يفـضـي إلــى التسـلـسـلِ

KARENA AKAN TERJADI TASALSUL (BERLANJUT)

والدورِ وهو المستحيل المنجلي

DAN JUGA DAUR (PERPUTARAN), SEDANGKAN ITU ADALAH HAL MUSTAHIL YANG NYATA

فهـو الجليـل والجمـيـل والـولـيْ

MAKA DIALAH JALIL DAN JAMIL, DAN WALI

والظاهر القـدوس والـربُّ العلـيْ

DAN ZAHIR DAN QUDDUS DAN RABB YANG A'LIYY

مـنــزَّهٌ عـــن الـحـلـولِ والـجـهــةْ

ALLAH TIDAK  BERTEMPAT DAN TIDAK BERARAH

والاتـصــال الانـفـصـالِ والـصِـفَــهْ

TIDAK BERSEMAYAM ATAU TERPISAH DAN MENJADI KEBODOHAN

ثــم المـعـانـي سـبـعـة لـلـرائـي

KEMUDIAN SIFAT MA'ANI YANG BERJUMLAH TUJUH UNTUK MELIHAT

أي عـلـمـه المـحـيـط بـالأشـيــاءِ

1. SIFAT ILMU (MENGETAHUI)NYA YANG MENDETAIL SEGALA SESUATU

حــــيــــاتــــه وقــــــــــــدرة إرادة

2. HAYAT (HIDUP)NYA DAN 3. QUDRAT (KUASA)NYA DAN 4. IRADAH (BERKEHENDAK)NYA

وكـــــل شــــــيء كـــائـــن أرادَهْ

MAKA SEMUA YANG TERJADI ADALAH ATAS KEHENDAK-NYA

وإن يــكــن بــضــدِّه قــــد أمـــــرا

SEKALI PUN YANG TERJADI ITU BERLAWANAN DENGAN PERINTAH-NYA

فالقصـد غيـر الأمـر فاطـرحِ المِـراْ

KARENA KEHENDAK BUKANLAH PERINTAH. MAKA TINGGALKAN PERDEBATAN!

فـقــد عـلـمـت أربـعــا أقـسـامــا

MAKA SESUNGGUHNYA ENGKAU TELAH MENGETAHUI EMPAT PEMBAGIAN (DI ATAS)

فـي الكائـنـات فاحـفـظِ المقـامـا

DALAM KEJADIAN, HENDAKLAH ENGKAU PELIHARA KEDUDUKAN

كــلامـــه والـســمــع والإبــصـــارُ

5. KALAM (BERFIRMAN)NYA DAN 6. SAMA' (MENDENGAR) DAN 7. BASHOR (MELIHAT)

فـهــو الإلـــه الـفـاعـل المـخـتـارُ

MAKA DIALAH TUHAN YANG BERBUAT LAGI BERKEHENDAK

وواجـــب تعـلـيـق ذي الـصـفــات

WAJIB PULA MENTA'ALUKKAN (MENGKORELASIKAN) SIFAT-SIFAT INI

حتـمـا ودومــا مــا عــدا الـحـيـاةِ

DENGAN PASTI LAGI TETAP KECUALI SIFAT HAYAT

فالعلـم جزمـا والكـلام السامـي

MAKA SIFAT ILMU DAN KALAM YANG MULIA 

تـعـلــقــا بــســائــر الأقـــســــامِ

KEDUANYA BERTA'ALUK (BERKORELASI) DENGAN SEGALA BAGIAN (WAJIB, MUHAL, JAIZ)

وقــــــــــــدرةٌ إرادةٌ تـــعـــلَّـــقــــا

SIFAT QUDRAT DAN IRODAT KEDUANYA BERTA'ALUK JUGA

بالممكـنـات كلـهـا أخــا الـتُّـقـى

DENGAN MUMKINAT (JAIZ AQLI) SEMUANYA WAHAI SAUDARA YANG TAQWA

واجــزم بـــأن سـمـعـه والـبـصـرا

DAN YAKINLAH ENGKAU BAHWA SIFAT SAMA' DAN BASHOR ITU

تـعـلـقـا بــكــل مــوجــود يُـــــرَى

KEDUANYA BERTA'LUK (BERKORELASI) DENGAN SEMUA MAUJUD YANG DAPAT DILIHAT

وكــلــهــا قــديــمـــة بـــالــــذات

DAN SEMUA SIFAT ITU (SIFAT-SIFAT MA'ANI) ADALAH QODIM (DAHULU) PADA DZAT

لأنـهــا لـيـســت بـغـيــر الــــذاتِ

SEBAB IA BUKAN HAL LAIN DARI DZAT ALLAH

ثـــم الـكــلام لـيــس بـالـحــروفِ

KEMUDIAN KALAM (FIRMAN ALLAH) BUKAN BERUPA HURUF

ولـيــس بالـتـرتـيـب كـالـمـألـوفِ

DAN BUKAN BERBENTUK SUSUNAN SEPERTI YANG KITA KETAHUI

ويستـحـيـل ضــــدُّ مــــا تـقـدمــا

DAN SIFAT MUSTAHIL ADALAH KEBALIKAN DARI YANG TERDAHULU (TELAH DISEBUTKAN)

من الصفـات الشامخـات فاعلمـا

DARI SIFAT-SIFAT YANG TINGGI ITU MAKA HENDAKLAH ENGKAU TAHU

لأنـــه لـــو لـــم يـكــن مـوصــوفا

KARENA ANDAIKAN ALLAH TIDAK BERSIFAT DENGAN SIFAT-SIFAT YANG SUDAH DISEBUTKAN

بـهـا لـكــان بـالـسـوى مـعـروفـا

MAKA TENTU ALLAH AKAN BERSIFAT DENGAN PERLAWANAN SIFAT-SIFAT YANG DIKENALI (TERSEBUT)

وكـــلُّ مـــن قـــام بـــه سـواهــا

DAN APABILA ALLAH BERSIFAT DENGANNYA (SIFAT-SIFAT MUSTAHIL)

فهو الذي في الفقـر قـد تناهـى

MAKA AKAN MENJADIKAN-NYA BUTUH PADA MAKHLUK

والــواحــد لـمـعـبــود لا يـفـتـقــر

SEDANGKAN ALLAH DZAT YANG ESA LAGI DISEMBAH TIDAK MEMERLUKAN

لـغـيـره جـــلَّ الـغَـنِـيْ المُـقْـتَـدِرُ

PADA YANG LAIN, ALLAH MAHA KAYA LAGI MAHA BERKUASA IA DENGAN SEAGUNG-AGUNGNYA

وجــائــز فــــي حــقــه الإيــجــاد

DAN SIFAT JAIZ (HARUS) BAGI ALLAH  IA BERHAK MEWUJUDKAN

والـتــرك والإشـقــاء والإســعــادُ

DAN MENIADAKAN, DAN MENJADIKAN CELAKA ATAU BAHAGIA (PADA MAKHLUK-NYA)

ومـن يـقُـلْ فِـعْـلُ الـصـلاحِ وجَـبـا

DAN BARANGSIAPA BERKATA BAHWA ALLAH WAJIB BERBUAT BAIK PADA MAKHLUK-NYA

عـلـى الإلــه قــد أســـاءَ الأدَبـــا

MAKA SUNGGUH IA TELAH SU'UL ADAB (KURANG SOPAN) PADA TUHANNYA

واجــــزم أَخِــــيْ بِــرُؤيــة الإلــــهِ

DAN HENDAKLAH ENGKAU MEMANTAPKAN HATI WAHAI SAUDARAKU, BAHWA SEORANG HAMBA MELIHAT TUHANNYA

فــي جـنَّـةِ الخُـلْـدِ بــلا تـنـاهـي

NANTI DI DALAM SYURGA YANG ABADI TANPA HENTI-HENTI

إذِ الـــوُقـــوعُ جـــائـــزٌ بـالـعــقْــلِ

KARENA DAPAT MELIHAT ALLAH DI DALAM SURGA NANTI DAPAT DITERIMA OLEH AKAL

وقــد أَتــى فـيــهِ دلـيــلُ الـنَّـقْـلِ

DAN JUGA TELAH DIDUKUNG DENGAN ADANYA DALIL NAQLI (AL-QURAN DAN HADITS)

وَصِــفْ جمـيـعَ الـرُّسْـلِ بالأمـانـة

DAN HENDAKLAH SIFATKAN SEMUA RASUL DENGAN 1. AMANAH (DAPAT DIPERCAYA)

والـصــدق والتـبـلـيـغ والـفـطـانـة

DAN 2. SIDIQ (JUJUR) DAN 3. TABLIGH (MENYAMPAIKAN WAHYU) DAN 4. FATHANAH (CERDAS)

ويسـتـحـيـل ضــدهـــا عـلـيـهِــمُ

DAN MUSTAHIL PARA RASUL BERSIFAT LAWANNYA DARI SIFAT-SIFAT DI ATAS

وجـائــزٌ كـالأكــلِ فـــي حـقـهِــمُ

DAN JAIZ (HARUS) HUKUMNYA BAGI MEREKA SEPERTI MAKAN, PADA HAK MEREKA

إرسـالــهــم تـفــضُّــلٌ ورَحْــمَـــةْ

ALLAH MENGUTUS MEREKA (PARA RASUL) MURNI SEBAGAI BENTUK KARUNIA DAN RAHMAT-NYA

للعالَمـيـنَ جَــلَّ مُـولِـيْ النِّعْـمَـةْ

UNTUK SEMUA ALAM, DARI PEMBERI NIKMAT YANG MAHA MULIA

ويــلـــزم الإيــمـــان بـالـحـســابِ

DAN WAJIB SECARA SYAR'I BERIMAN PADA HISAB (PERHITUNGAN AMAL),

والـحـشــر والـعـقــاب والــثــوابِ

DAN HASYR (PENGUMPULAN UMAT MANUSIA) DAN SIKSA DAN GANJARAN

والـنـشـر والــصــراط والـمـيــزانِ

DAN NASYR (PEMBANGKITAN DARI ALAM KUBUR) DAN SIRAT (JEMBATAN) DAN TIMBANGAN AMAL

والـحــوضِ والـنـيــرانِ والـجـنــانِ

DAN TELAGA DAN NERAKA DAN JUGA SYURGA

والـجــنِّ والأمـــلاك ثـــم الأنـبـيـا

PADA JIN DAN MALAIKAT KEMUDIAN PARA NABI

والـحــور والـوِلــدانِ ثـــم الأولـيــا

PADA BIDADARI DAN KANAK-KANAK SYURGA KEMUDIAN AULIA' (KEKASIH ALLAH)

وكـــل مـــا جـــاء مـــن البـشـيـرِ

DAN JUGA WAJIB MENGIMANI TIAP YANG DATANG DARI PEMBAWA KABAR GEMBIRA (NABI MUHAMMAD)

مـن كـلِّ حكـمٍ صــار كالـضـروري

DARI SEGALA MACAM HUKUM YANG MENJADI BERSIFAT DHARURI (JELAS)

وينـطـوي فــي كلـمـة الإســـلامِ

DAN TERCAKUP DALAM KANDUNGAN KALIMAH ISLAM (لااله الاالله محمد رسول الله)

ما قد مضـى مـن سائـر الأحكـام

APA YANG LALU DARI SEMUA HUKUM-HUKUM

فـأكْـثِـرَنْ مـــن ذكـرهــا بـــالأدبِ

MAKA PERBANYAKLAH ENGKAU MENYEBUT KALIMAT TAUHID  (لااله الاالله محمد رسول الله) DENGAN BERETIKA

ترقـى بهـذا الذكـر أعلـى الـرتـبِ

MAKA DENGAN ZIKIR INI ENGKAU AKAN MENDAPATKAN DERAJAT YANG TINGGI

وغَلَِـبِ الـخـوفَ عـلـى الـرجـاء

HENDAKLAH ENGKAU MENGEDEPANKAN KHOUF (TAKUT) ATAS ROJA' (HARAP)

وسِـــــرْ لــمـــولاكَ بـــــلا تــنـــاءِ

DAN BERJALANLAH ENGKAU PADA JALAN TUHANMU TANPA LALAI

وجَـــــــدِّدِ الــتَّــوبـــةَ لــــــــلأوزارِ

DAN HENDAKLAH PERBARUI TAUBATMU DARI DOSA-DOSA

لا تيْـاَسَـنْ مــن رحـمــة الـغـفـارِ

JANGAN PUTUS ASA AKAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA MENGAMPUN

وكــــن عــلــى آلائِــــهِ شــكــورا

DAN JADILAH ENGKAU ORANG YANG BERSYUKUR ATAS NIKMAT-NIKMAT-NYA

وكــــن عــلــى بــلائــه صــبـــورا

DAN JADILAH ENGKAU ORANG YANG SABAR ATAS SEGALA UJIAN-NYA

وكـــل أمــــرٍ بـالـقـضـاء والــقــدرْ

DAN SETIAP PERKARA ITU SUDAH ADA QODHO (KETENTUAN) DAN QADAR (TAKDIRNYA)

وكــل مـقـدورٍ فـمــا عـنــه مـفَــرّْ

DAN SETIAP YANG SUDAH DITAKDIRKAN MAKA TIDAK AKAN MAMPU LARI DARINYA

فكُـنْ لـه مُسَلِّـمـاً كَــيْ تَسْلَـمـا

MAKA JADILAH ENGKAU ORANG YANG BERSERAH DIRI AGAR ENGKAU DAPAT MENJAGA DIRI

واتبـع سبيـل الناسكيـن العُلَـمـا

SERTA IKUTILAH JALAN PARA AHLI IBADAH, LAGI BERILMU

وخَـلِّــصِ الـقـلـبَ مـــن الأغـيــارِ

DAN MURNIKANLAH HATI DARI SEGALA YANG MENIPU

بالـجـد والقـيـامِ فــي الأسـحــارِ

DENGAN BERSUNGGUH-SUNGGUH DAN BERIBADAH DI MALAM HARI

والفـكـر والـذكـرِ عـلــى الـــدوامِ

DAN BERPIKIR (KEINDAHAN CIPTAAN ALLAH) DAN BERZIKIR TANPA HENTI-HENTI

مـجـتـنــبــاً لــســائـــرِ الآثـــــــامِ

LAGI MENJAUHI SEGALA MACAM DOSA

مـراقــبــا لله فــــــي الأحــــــوالِ

SELALU MUROQOBAH (MENDEKATKAN DIRI) KEPADA ALLAH DI SETIAP KEADAAN

لـتـرتـقــي مَــعــالــمَ الــكــمــالِ

AGAR ENGKAU MENDAPATKAN DERAJAT KELUHURAN

وقــــل بِـــــذُلٍّ ربِّ لا تـقـطـعـنـي

DAN BERDOALAH DENGAN KERENDAHAN HATI, WAHAI TUHANKU JANGANLAH ENGKAU PUTUSKAN HARAPANKU

عــنــك بـقــاطــعٍ ولا تـحـرمـنــي

DARI ENGKAU DENGAN PEMUTUS DAN JANGANLAH AKU ENGKAU JAUHKAN AKU

مِن سِرِّكَ الأبهى المُزيلِ للعَمَى

DARI CAHAYA -MU YANG SANGAT INDAH YANG MENGHILANGKAN SEGALA KEGELAPAN (KEBODOHAN)

واخْتِـمْ بخيـرٍ يــا رحـيـمَ الرُّحَـمـا

DAN AKHIRILAH HIDUP KAMI DENGAN AKHIR YANG BAIK WAHAI DZAT YANG MAHA PENGASIH LAGI PENYANYANG

والـحــمــد لله عــلـــى الـتَّــمــامِ

SEGALA PUJI BAGI ALLAH ATAS PENYEMPURNAAN INI

وأفْــضَـــلُ الــصـــلاة والــســـلامِ

DAN SEBAIK-BAIK SHOLAWAT DAN SALAM

علـى النبـي الهاشمـيِّ الخاتَـمِ

SEMOGA TERCURAH ATAS NABI TERAKHIR YANG KETURUNAN BANI HASYIM

وآلِـــــــهِ وصَــحْــبِـــهِ الأَكـــــــارِمِ

SERTA KELUARGA DAN SAHABAT BEGINDA YANG MULIA-MULIA

5 komentar untuk "Nadhom Khoridatul bahiyah Terjemah Bahasa Indonesia"

  1. Maaf, terjemahannya sulit dipahami

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas masukannya, alhamdulillah sudah ada perbaikan terjemah, mudah-mudahan sedikit lebih bisa dipahami, mohon maaf baru sempat memperbaiki

    BalasHapus
  3. Ma'af sepertinya ada salah satu NADZOM yang kalimatnya kirang / hilang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah pada bait والمستـحـيـل كـــل مـــا لم يـقـبـل yang tadinya kurang kata لم sudah dilengkapi.

      Hapus
  4. Maturnuwun koreksinya yai, insya Allah nanti saya cek kembali

    BalasHapus