Amtsilatut Tashrifiyyah dan Nadzoman

 

Kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah adalah kitab rujukan pertama untuk mengetahui perubahan suatu kata dalam ilmu shorof, penulis kitab ini adalah KH. Ma'shum bin Ali, nama lengkap beliau adalah Muhammad Ma'shum bin Ali bin Abdul Muhyi Al-Maskumambani, Lahir di Maskumambang-Gresik, tepatnya di sebuah pondok yang didirikan oleh Sang Kakek.

Kitab ini (Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah) adalah Kitab yang menerangkan wazan atau rumus dalam perubahan kata dalam ilmu sharaf. Susunannya sistematis, sehingga sangat mudah difahami dan dihafal. Lembaga pendidikan Islam, baik di Indonesia maupun luar negeri, banyak yang menjadikan kitab ini sebagai rujukan. Kitab ini bahkan menjadi pegangan wajib di setiap pesantren salaf. Ada yang menjulukinya kitab ”Tasrifan Jombang”. Kitab yang terdiri dari 60 halaman ini, telah diterbitkan oleh banyak penerbit, diantaranya Penerbit Salim Nabhan Surabaya. Pada halaman pertamanya tertera sambutan berbahasa Arab dari (mantan) menteri Agama RI, KH. Saifuddin Zuhri.

Di dalamnya terdapat berbagai bentuk wazan yang diurut sedemikian rupa agar mudah untuk dihafalkan, ketika teman-teman ingin menghafal tashrif dalam ilmu sharaf, maka cukup hafalkan wazannya (rumus/kata timbangannya, contoh كَتَبَ ، سَجَدَ، قَرَأَ adalah mengikuti wazan 'فَعَلَ') saja, jadi cukup hafalkan wazan 'فَعَلَ' dan seterusnya saja agar lebih mudah dalam menghafal.

Dalam kurikulum FKDT Kabupaten Tegal kitab ini disampaikan ke santri MDTA kelas 4 dan MDTW kelas 1.


Berikut Video Nadzoman Amtsilatut Tashrifiyah

Baca Juga : Panduan Kitab Amtsilatut Tashrifiyah

Print Friendly and PDF

0 Response to "Amtsilatut Tashrifiyyah dan Nadzoman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel