Cara Pengisian EMIS PD Pontren 2021


 
Cara Pengisian EMIS PD Pontren (Madrasah Diniyah Takmiliyah, TPQ) Semester Ganjil Tahun 2021

Emis online sampai sekarang masih mengalami kendala, lembaga pendidikan belum bisa mengakses. Pada semester ganjil tahun 2021 ini Emis hanya dapat diakses oleh akun level kabupaten / kota. Untuk para operator yang masih kesulitan, penulis akan mencoba menjelaskan cara mengisi di emis online ini.
Direkomendasikan menggunakan browser mozilla firefox yang lebih bersahabat dengan emis. Masukkan alamat berikut ke address bar atau langsung klik  

Halaman Login Emis PD Pontren

Masukkan username (email) dan password serta Captha. Chaptha diisi hasil penjumlahan yang muncul. Contoh jika muncul 4+3 maka pada kotak captha isi 7. Baru klik Login.
Dasboard Emis

Langkah pertama memastikan apakah lembaga anda sudah terdaftar di Emis atau belum, dengan klik Daftar lembaga, masukkan nomor statistik. Jika sudah ada maka tinggal lanjut ke pembuatan akun operator lembaga, tetapi jika lembaga anda belum terdaftar maka klik Tambah Baru
Cek lembaga di sudah ada di Daftar lembaga

Difilter nomor statistik/ NSDT tidak ada

Setelah mengisi identitas lembaga secara lengkap klik Simpan.
Identitas lembaga

Barulah langkah kedua, pada Dasboard klik Akun Opt Lembaga untuk membuat akun operator lembaga (MDT atau TPQ atau pondok pesantren) anda lalu setelah muncul halamannya klik Tambah Baru.


Masukkan identitas operator, termasuk alamat email dan password (Catat email dan password yang didaftarkan di emis ini di buku catatan agar tidak lupa) lalu klik simpan.
Identitas operator

Kemudian masukkan nama operator yang baru saja di entri ke kotak filter untuk memanage akses lembaganya. Klik Aksi, pilih manage Lembaga.
mengatur akses lembaga

Pada jendela yang muncul klik Tambah Baru untuk memberi hak akses pada lembaga operator.

Pada jendela nama madin masukkan NSDT/ Nomor statistik lembaganya, setelah muncul nomor statistik nama lembaga klik simpan.
Memasukkan nama lembaga

Langkah ketiga mengisi pimpinan. Klik menu Kelembagaan, pilih menu Pimpinan. klik Tambah Baru. Lalu isi identitas pimpinan lembaga anda.
Menu pimpinan
Pada identitas Pimpinan ada yang unik yaitu pada status keaktifan harus diisi Tidak Aktif lebih dulu, karena jika memilih status Aktif maka tidak bisa disimpan entah sebabnya apa penulis tidak tahu. Setelah selesai mengisi identitas, klik simpan, muncul Sukses.
Tips : Pada gelar jika tidak ada maka kosongi saja, atau jika gelar letaknya belakang, kotak gelar bagian kiri kosongi, isi yang sebelah kanan. Tidak usah memberi tanda strip (-)
Identitas pimpinan

Kemudian edit data pimpinan, karena tadi statusnya tidak aktif. Dengan cara masukkan Nomor statistik/ NSDT dalam kotak filter, nanti muncul nama pimpinan lembaga anda, yang statusnya Tidak Aktif. Kilk AKSI, pilih UBAH DATA. Nanti pada data data tadi pada Status keaktifan yang pilihan tidak aktif ganti pilih Aktif, klik Simpan
Ubah data agar status aktif

Sekarang Tahap keempat mengisi Dokumen perijinan. Klik menu Kelembagaan, pilih menu Dokumen perijinan, klik Tambah Baru.
Tambah dokumen perijinan

Isilah data perijinan lembaga anda, setelah lengkap klik simpan.
Data dokumen perijinan

Bagian kelima mengisi data rekening bank. Klik Menu Kelembagaan klik menu Rekening Bank, klik Tambah Baru.
Tambah Rekening Bank

Isi data rekening lembaga, nama bendahara, nomor rekening lembaga dan sebagainya. Penulisan sesuai format bank (pakai strip atau titik atau tanpa strip). Banknya bebas tidak ditentukan. NPWP disi sesuai format NPWP, jika tidak memiliki isi dengan angka 000000000000. Setelah lengkap klik Simpan.
Data rekening lembaga


Selanjutnya caranya hampir sama dengan tambah baru - tambah baru terus, yaitu :
Sarana Prasarana
- Tanah Bangunan
- Kondisi Bangunan
- Prasarana
- Listrik Internet
- Sanitasi
Kesiswaan
- Data Siswa
Ustadz
- Data Ustadz

Demikian cara pengisian Emis PD Pontren tahun 2021 yang penulis buat, walaupun tidak sampai selesai selengkapnya (Karena capek he ..he...), minimal ada gambaran caranya.
Mudah-mudahan bermanfaat.
Print Friendly and PDF

1 Response to "Cara Pengisian EMIS PD Pontren 2021"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel